Debut Supra, Mobil Sport Toyota Rasa BMW

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 12:16 WIB
Debut Supra, Mobil Sport Toyota Rasa BMW Toyota Supra. (Foto: Dok. Toyota)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tepat lima tahun setelah memperkenalkan konsep FT-1, Toyota akhirnya meluncurkan untuk pertama kalinya di dunia generasi baru mobil sport Supra. Debut itu dilakukan saat banyak mata memandang di pembukaan Detroit Auto Show pada Senin (14/1).

Desain tubuh FT-1 banyak menginspirasi eksterior Supra. Lampu depan, splitter di bemper depan, lubang udara di area samping pintu, dan atap menggelembung pada Supra diambil dari FT-1. Salah satu pembedanya yaitu hidung panjang seperti mobil Formula 1 pada FT-1 tidak sampai ke Supra.


Debut Supra, Mobil Sport Toyota Rasa BMW Interior Toyota Supra mirip BMW Z4. (Foto: Dok. Toyota)
Di kabin nuansanya baru sebab interior didesain mirip generasi baru BMW Z4. Supra jadi punya monitor di atas dasbor plus tombol putar pengaturan di konsol tengah yang mirip layout mobil-mobil BMW.


Walau bisa mengganggu "fans berat" Supra, kemiripan itu sebetulnya wajar karena generasi kelima Supra dan generasi ketiga Z4 memang menggunakan platform yang sama atas kerja sama Toyota dan BMW.

Bukan hanya interior, Supra juga menggunakan mesin Z4, yaitu 6-silinder 3.000 cc turbo. Meski begitu output mesin Supra telah dibuat lebih kalem.

Mesin Supra menghasilkan 335 tenaga kuda, lebih rendah 47 tenaga kuda dari Z4. Selain itu torsi Supra 494 Nm, lebih rendah 6 Nm dari Z4.

Supra dibekali hanya dengan satu pilihan transmisi, yaitu otomatis 8-percepatan. Transmisi manual sedang dipertimbangkan mengingat banyak penggila otomotif yang ingin nuansa gaya klasik.

Buat pasar Jepang, Supra tersedia dengan mesin 2.000 cc turbo. Ada dua pilihan tenaga yang diberikan, yaitu 194 tenaga kuda dan 258 tenaga kuda. (fea)