Bayi Panda Merah Pertama Dilahirkan di Bogor

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 12:37 WIB
Bayi Panda Merah Pertama Dilahirkan di Bogor Ilustrasi panda merah. (Foto: techlec/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua baru saja menyaksikan kelahiran bayi panda merah dari pasangan Xing Xing dan Bai Bai. Hal ini dikabarkan oleh Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, melalui akun Instagram resminya.

"Alhamdulillah, terima kasih Tuhan. Baru saja menerima kabar bahwa pada hari ini Red Panda di Istana Panda TSI Taman Safari Indonesia Cisarua melahirkan," tulis Siti dalam unggahannya pada Kamis (17/1).

Menurut lulusan Institut Pertanian Bogor itu, kelahiran bayi panda ini adalah yang pertama kalinya di Indonesia. Ibu dan ayah bayi ini memang dikirimkan dari negeri Panda yaitu China pada 2017 silam.


"Ini merupakan peristiwa yang pertama di Indonesia. Terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]

Kelahiran ini sesuai dengan target Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang, dua tahun silam. Dia menargetkan pasangan tersebut melahirkan bayi setelah keduanya dikarantina.

Saat itu, TSI berjanji anak panda yang dilahirkan pasangan panda ini akan dikembalikan dan menjadi milik pemerintah China.

Sementara itu, Red Panda sendiri adalah hewan yang soliter tidak berkoloni. Panda jantan akan menempati satu kawasan teritorialnya, dan tidak boleh ada panda lain yang mendekati daerah kekuasaannya. Mereka hanya akan berkumpul pada musim kawin. 

Panda rata-rata hidup 35 tahun di kawasan konservasi, tetapi di alam hanya sekitar 20 tahun. Masa hidup mereka lebih pendek di alam karena beratnya tantangan mencari makan sendiri di tengah musim salju.

Panda juga hewan yang mencintai kesunyian. Mereka biasa hidup di wilayah ketinggian dan memiliki penciuman dan pendengaran yang tajam. (kst/evn)


ARTIKEL TERKAIT