Prediksi Mobil Baru Renault Indonesia Lawan Avanza Cs

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 22:38 WIB
Prediksi Mobil Baru Renault Indonesia Lawan Avanza Cs Ilustrasi logo mobil Renault. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di bawah kendali dalang baru, Renault Indonesia dipercaya bakal lebih agresif dari sisi penawaran produk. Pihak Agen Pemegang Merek (APM), Maxindo Renault Indonesia, mengatakan berencana menjual produk sesuai keinginan pasar dalam negeri.

Salah satu pejabat Renault Asia Pasific menyebutkan segmen yang akan disasar beragam, yaitu Sport Utility Vehicle atau SUV, hatchback, hingga Low Multi Purpose Vehicle (MPV).

Pernyataan itu mengerucut dari mulut COO Maxindo Renault Indonesia Davy J Tuilan yang menyampaikan pihaknya bakal menghadirkan "mobil murah" berkapasitas tujuh penumpang dalam waktu dekat.


Tidak ada penjelasan lanjutan dari Davy ataupun pejabat Maxindo Renault Indonesia lainnya. Namun dugaan menguat produk yang dimaksud adalah Low MPV pesaing Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan Suzuki Ertiga.

Low MPV Renault buat Indonesia adalah sesuatu yang baru dan mungkin bisa membaurkan merek Eropa ini ke masyarakat seperti merek-merek Jepang. APM sebelumnya, Auto Euro Indonesia, bagian dari Grup Indomobil, hanya menjual empat model, yaitu citycar Kwid, hatchback Clio RS, crossover Duster, dan SUV medium Koleos.

2 Kemungkinan

Ada dua kemungkinan bila "mobil murah" tujuh penumpang yang dimaksud Davy berwujud Low MPV. Pertama yaitu model bernama Renault Lodgy yang sudah pernah dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Lodgy yang mempunyai mesin diesel 1.500 cc merupakan produk global Renault. Mobil ini dirakit di India dan menggunakan platform Duster.

Kemungkinan kedua yaitu MPV baru yang lagi dirancang di India dengan kode RBC. Mobil ini diperkirakan bakal menjadi MPV 'murah' karena dibangun menggunakan platform CMF-A milik Kwid.

Renault RBC dikabarkan tidak menggunakan mesin Kwid 1.000 cc SCe atau HR12DE 1.200 cc milik Nissan. Diprediksi RBC bakal dipasang mesin turbocharged serta tersedia pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis.

Dua produk asal India itu punya peluang besar. Lodgy bisa didatangkan impor dari India seperti sudah dilakukan selama ini pada Kwid atau melakukan hal yang sama pada RBC setelah diluncurkan di India pada semester kedua 2019.

Meski begitu dari sosok produk masa depan Renault Indonesia yang ditampilkan saat Davy presentasi terasa mirip dengan Lodgy, terutama pada desain bagian samping dan belakang. (fea/fea)


BACA JUGA