Apple Rekrut Bos Perusahaan Baterai Samsung

CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 15:30 WIB
Apple Rekrut Bos Perusahaan Baterai Samsung Ilustrasi. (REUTERS/Jason Lee)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple Inc. telah mempekerjakan eksekutif Samsung Soonho Ahn yang sebelumnya menjadi Senior Vice Presiden di Samsung SDI Co. Perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan Samsung yang khusus memproduksi baterai.

Ahn bergabung dengan Apple pada Desember lalu dan akan menjabat sebagai Kepala Pengembangan Baterai Global. Sebelumnya, Ahn merupakan kepala pengembangan paket baterai lithium Samsung SDI sejak 2015 dan mengerjakan pengembangan teknologi baterai generasi selanjutnya, seperti tertulis dalam laman LinkedIn Ahn.

Apple dan Ahn tidak memberikan respons terkait hal ini saat dihubungi.


Selama ini Apple telah menggunakan baterai dari Samsung SDI untuk iPhone miliknya. Namun, pelanggan terbesar SDI tentu digunakan oleh Samsung sendiri. Samsung juga menjadi pemegang saham terbesar perusahaan itu, seperti disebutkan Bloomberg.

Namun, saat ini Apple ingin mengurangi ketergantungan dari komponen pihak ketiga. Sehingga rekrutmen ini mungkin menjadi salah satu indikasi perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu tengah berupaya membuat baterainya sendiri.

Apple tengah mengembangkan teknologi layar MicroLED untuk perangkatnya di masa depan. Satu hal lagi yang akan membantu memutuskan ketergantungan Apple dari pasokan onderdil Samsung, seperti dilaporkan RTT News.

Selain itu, Apple terus membangun cipset miliknya dan tengah menyelidiki kemungkinan untuk mengembangkan modem selular sendiri. Perusahaan berlogo buah ini terlibat dalam pembicaraan untuk membeli kobalt langsung kepada penambang. Kobalt adalah bahan tambang penting dalam komponen baterai.

Semakin miripnya fitur-fitur dari ponsel yang beredar di pasaran, komponen penting seperti daya tahan dan performa baterai menjadi pembeda yang penting. Apple pun mencari keuntungan kompetitif di segmen ini. Samsung SDI kabarnya juga tengah mencari sumber kobalt mereka sendiri. (age)