Ikuti Tren, WhatsApp Sedang Jajal Fitur Mode Gelap

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 16:38 WIB
Ikuti Tren, WhatsApp Sedang Jajal Fitur Mode Gelap Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp tengah menguji mode gelap untuk aplikasinya. Langkah ini menyusul Facebook Messenger, YouTube, dan Twitter, yang sudah terlebih dulu menghadirkan fitur serupa. Mode gelap ini diperkirakan akan meluncur untuk pengguna WhatsApp di Android dan iOS.

Bocoran tampilan mode gelap WhatsApp telah beredar di internet dari cuitan pembocor fitur WhatsApp WABetaInfo. Isu mengenai fitur mode gelap ini sudah mulai terdengar sejak September lalu, namun baru kali ini muncul versi beta dari fitur tersebut.

Dalam cuitannya, WABetaInfo menyebut render konsep fitur dark mode telah dibagikan oleh seorang pengikut (follower) akunnya. Fitur Dark Mode ini dikabarkan juga kompatibel dengan ponsel berlayar OLED. 


Tampak ketika mode gelap diaktifkan, seluruh latar WhatsApp menjadi berwarna hitam dan teks berwarna putih. Pengguna perlu mengubah pilihan mode gelap secara manual. Laporan lain menyebut kalau WhatsApp memberikan pikihan bagi pengguna jika ingin menggunakan mode ini pada waktu-waktu tertentu. 



Sebelumnya, fitur mode gelap ini ditemukan pada kode alfa WhatsApp yang menjadi konfirmasi kehadiran fitur ini. Namun masih belum jelas kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur ini ke publik. 

Mode gelap belakangan marak digelontorkan oleh pelbagai aplikasi. Menurut Google, salah satu keuntungan mengaktifkan mode gelap adalah untuk menghemat baterai pernagkat Android. Layar yang berwarna putih atau cerah lebih mengonsumsi baterai ketimbang layar yg lebih gelap atau redup, seperti dikutip dari The Indian Express.

Penghematannya bahkan bisa mencapai 43 persen, seperti disebutkan Times of India.

Selain itu, tampilan yang lebih gelap juga lebih ramah di mata, terutama ketika di situasi ruangan yang tidak terlalu banyak cahaya, misal ketika malam.

Kontras antara latar hitam dan teks yang lebih cerah tidak terlalu membuat mata lelah. Mode gelap akan terlihat lebih keren ketika diaplikasikan pada perangkat yang mengguankan layar OLED. Sebab warna hitam pada jenis layar ini lebih gelap dari jenis layar lain, sehingga memberikan tampilan yang lebih elegan.

Baru-baru ini Google mengumumkan kalau fitur mode gelap pun akan menjadi bagian Andoid 9 Pie. Ketika fitur ini diaktifkan, maka semua aplikasi akan berubah menjadi mode gelap. (eks/evn)