Gmail Tambah Tombol Undo-Redo dalam Email

CNN Indonesia | Jumat, 25/01/2019 10:26 WIB
Gmail Tambah Tombol Undo-Redo dalam Email Ilustrasi. (Dok. Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google mengumumkan bahwa Gmail akan mendapatkan beberapa fitur tambahan dalam waktu dekat. Dalam beberapa hari ke depan, akun G Suite Gmail akan mendapatkan tombol redo dan undo dalam jendela buat baru.

Tak hanya itu, perusahaan yang berbasis di Mountain View ini juga akan menambahkan teks strikethrough (garis pada bagian tengah teks). Dia juga akan mendapatkan kemampuan mengunduh pesan dalam format .EML dari web.

"Kami menambahkan tiga fitur baru di Gmail," ujar Google dalam Googleblog pada Kamis (24/1).


Fitur undo-redo berfungsi ketika pengguna tak sengaja menghapus konten dalam draft email. Pengguna langsung bisa membatalkan aksi terakhir yang dilakukan di dalam jendela Gmail.
"Setiap kali Anda membatalkan, Anda juga memiliki opsi untuk mengulang, jadi kami telah menambahkannya juga," lanjut Google.

Sementara fitur strikethrough atau coret bisa digunakan sebagai isyarat visual bahwa sesuatu telah selesai atau dapat digunakan sebagai saran edit.

"Kami telah mendengar dari Anda bahwa fungsi ini sangat penting untuk menulis email dengan cepat dan efisien, terutama ketika Anda ingin secara visual mengindikasikan perubahan dalam bahasa," katanya.

Di sisi lain, fitur unduh format .EML dikenali oleh klien email lain. Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk melihat konten Gmail bersama dengan lampiran dalam email itu sendiri.

Selain itu, dengan fungsi ini, pengguna kini dapat menambahkan email yang dikirim sebagai lampiran dalam email mereka.

Fitur-fitur ini dijadwalkan akan rilis mulai 22 Januari dan memakan waktu 1-3 hari untuk tersedia di seluruh dunia. Pantauan CNNIndonesia.com fitur tersebut belum tiba di Indonesia hingga hari ini pukul 14.00 WIB. (age/age)