Bos Virgin Galactic Mau Jadi 'Kelinci Percobaan' ke Antariksa

Tim, CNN Indonesia | Senin, 28/01/2019 20:17 WIB
Bos Virgin Galactic Mau Jadi 'Kelinci Percobaan' ke Antariksa Misi terbang perdana ke luar angkasa Virgin Galactic pada bulan lalu. (Foto: REUTERS/Gene Blevins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri Virgin Galactic Sir Richard Branson menyatakan dirinya siap menjadi orang pertama yang terlibat dalam misi ke luar angkasa. Rencana tersebut kabarnya akan dilakukan pada pertengahan 2019.

Dilaporkan CNN, Branson berencana melakukan perjalanan ke luar angkasa perdana pada Juli mendatang.

Untuk misi tersebut, miliuner berusia 68 tahun ini mulai melakoni serangkaian aktivitas fisik mulai dari latihan angkat beban hingga bermain tenis setiap hari.


Menurutnya, serangkaian persiapan yang dilakukkan tak lain untuk melihat sejauh mana kemampuannya untuk mencoba langsung misi ke luar angkasa. Dengan cara itu, ia mengaku merasa memiliki ketahan fisik seperti orang yang masih berusia 30 tahun.

"Yang menyenangkan dari semua latihan fisik untuk pergi ke luar angkasa ini membuat saya memiliki tubuh seperti orang berusia 30 tahun," ucapnya kepada The Telegraph.

Selain melakukan latihan fisik, Branson diketahui sudah memesan sebuah kostum antariksa kepada Under Armour. Merek peralatan olahraga ini juga akan membuat seragam untuk kapten pesawat antariksa dan lebih dari 700 calon turis yang sudah merogoh kocek US$250 ribu untuk ikut berwisata ke luar angkasa.

Branson beralasan pemilihan Under Armour sebagai pembuat kostum antariksa tak lain karena ia ingin tetap terlihat modis ketika berada di luar angkasa.

"Kalau kamu ke luar angkasa, kamu ingin terlihat bagus, merasa baik dan mendapatkan pengalaman sepanjang hayat. Kami butuh kostum yang bisa membuat astronaut nyaman saat di luar angkasa, yang bisa membuat mereka melayang dan kembali ke Bumi," ucap Branson saat diwawancarai The Washington Post.

CEO Under Armour Kevin Plank mengakui jika pihaknya mendapat permintaan membuat kostum antariksa dari perusahaan Branson. Plank memastikan akan membaut kostum yang nyaman untuk dipakai tanpa mengesampingkan aspek keamanan.

Sebelumnya Virgin Galactic telah melakukan uji terbang dengan ketinggian hingga lebih dari 80,5 kilometer di atas Bumi pada bulan lalu. (evn)