PCX Listrik Diperkenalkan untuk Disewa Kalangan Terbatas

tim, CNN Indonesia | Kamis, 31/01/2019 15:57 WIB
PCX Listrik Diperkenalkan untuk Disewa Kalangan Terbatas Honda PCX Listrik diperkenalkan di Jakarta, pada Kamis (31/1). (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Honda Motor (AHM) resmi memperkenalkan PCX listrik. Skuter listrik pertama Honda tidak dijual bebas melainkan hanya untuk disewa oleh kalangan tertentu.

Presiden Directur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan peluncuran PCX listrik merupakan bagian dari perwujudan peta jalan AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor ramah lingkungan sesuai perkembangan tren kendaraan di dalam negeri.

Inuma memaparkan bahwa PCX listrik diharapkan menjadi alternatif moda transportasi yang menggunakan teknologi murni listrik.


"Di samping motor berbasis bahan bakar, kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan," kata Inuma di Holiday Inn, Jakarta Utara, Kamis (31/2).
Inuma menyampaikan untuk tahap awal PCX listrik tidak akan dijual bebas di Indonesia karena hanya untuk kalangan terbatas.

"Konsep penjualan motor elektrik ini akan diawali dengan ditawarkan kepada kalangan terbatas dan tertentu saja," ungkap dia.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyampaikan bahwa pihaknya memilih untuk menjalankan skema bisnis dengan sistem sewa kepada pebisnis untuk mendukung operasional bisnis perusahaan.

Sewa untuk motor ini Rp2 juta per bulan sudah termasuk biaya perawatan dan penggantian baterai di tiga dealer Honda di Gunung Sahari Jakarta Pusat, Dewi Sartika Jakarta Timur, dan Jalan Panjang Jakarta Barat.

"Kami bukan hanya menawarkan produk motor listrik, melainkan menyiapkan secara bertahap mulai infrastruktur, layanan, sumber daya manusia dan skema bisnis tersendiri," ucap Loman.
PCX listrik menggendong dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack.PCX listrik menggendong dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
PCX listrik menggendong dua unit baterai portabel yang disebut 'Honda Mobile Power Pack' mampu menggerakkan sepeda motor sejauh sekitar 69 km dalam sekali pengisian dari kosong sampai penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).

Untuk kenyamanan berkendara, Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/swap system), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

Dari keterangan Loman Honda PCX listrik dirakit lokal di pabrik AHM kawasan Sunter, Jakarta Utara. Namun Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sepeda motor ini masih dirahasiakan.

"Yang jelas kandungan lokal masih sangat kecil," tutup Loman. (ryh/mik)