Mobil Prototipe Wuling Almaz Masih Berkeliaran di Jakarta

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 14:12 WIB
Mobil Prototipe Wuling Almaz Masih Berkeliaran di Jakarta Mobil uji coba Wuling Almaz masih terpantau beredar di jalanan. ( Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wuling Almaz ternyata masih berkeliaran di jalan-jalan, padahal seperti diketahui bersama SUV pertama Wuling itu sudah diperkenalkan kepada kalangan diler dan media pada Januari lalu.

Pada saat dikenalkan ke media, SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) belum membuka harga resmi Almaz dan disebut penjualan kepada konsumen juga belum dilakukan.

CNNIndonesia.com menemukan pada Jumat (1/2) sosok Almaz yang terbungkus stiker kamuflase berada di tengah kemacetan Jakarta, tepatnya di Jalan Raya Pasar Minggu mengarah ke Depok.


Bukan hanya sekali, tapi mobil serupa dijumpai lagi pada Sabtu (2/2) di daerah Tanjung Barat mengarah ke kawasan Cilandak. Bila dipantau dari pelat nomor pada mobil tersebut, bisa dipahami Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK) hanya berlaku hingga Februari.


Mobil Uji Wuling Almaz Masih Berkeliaran di JakartaBerdasarkan keterangan pada pelat nomor kemungkinan unit Almaz ini hanya diperbolehkan berkeliaran di jalan umum hingga Februari. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Pihak Wuling Indonesia mengakui keduanya merupakan Almaz yang masih menjalani proses pengembangan.

Brand Manager Wuling Indonesia Dian Asmahani menjelaskan meski tahap uji coba sudah usai, produk itu masih dalam tahap pengembangan agar saat diluncurkan benar-benar sempurna.

Kendati begitu, Dian enggan menyebutkan penyempurnaan apa yang sedang dilakukan.

"Sebab produk ini baru launch resminya masih nanti, kami terus melakukan pengembangan agar nanti ketika launch kami memberikan produk yang terbaik untuk konsumen," kata Dian, Jumat (8/2).

Diam menambahkan pengembangan Almaz bakal terus dilakukan hingga waktu mendekati peluncuran.

"Kalau pengetesan secara keseluruhan sih sudah. Tapi ya itu terus dicek untuk pengembangan selanjutnya, sampai saat close to launch," kata Dian.

Almaz merupakan produk keempat Wuling di Indonesia sekaligus termahal. Posisinya berada di atas Formo, Confero, dan Cortez. Almaz bakal mengisi segmen baru Wuling yang sebelumnya hanya konsentrasi pada model Multi Purpose Vehicle (MPV).

Ukuran bodi Almaz menempatkannya bersaing dengan Honda CR-V, Nissan X-Trail, dan DFSK Glory 580. Meski begitu, beda dari ketiga produk itu yang punya tiga baris jok, Almaz hanya dibekali dua baris jok alias cuma muat lima penumpang.

Almaz menggendong mesin 1.500 cc 4-silinder turbocharged yang dikawinkan bersama CVT 8-percepatan. Tenaga yang dihasilkan mesin itu sebesar 140 hp dan torsi 250 Nm.

Pada awal Januari lalu CNNIndonesia.com pernah mendapat kiriman foto penampakan dua unit Almaz berkamuflase di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Jumat (4/1). Walau begitu terpantau corak stiker kamuflasenya beda dengan unit yang ditemui baru-baru ini. (ryh/fea)


BACA JUGA