Susul Mobilio, Honda Hentikan Penjualan Brio di India

Febri Ardani, CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 09:22 WIB
Susul Mobilio, Honda Hentikan Penjualan Brio di India Honda Brio generasi pertama. (Foto: (Dok. Honda))
Jakarta, CNN Indonesia -- Karier mobil kecil Honda Brio dipastikan telah berakhir di India. Pada November lalu, hatchback produksi lokal India itu sudah dikabarkan berhenti diproduksi, namun pada Januari ini terkonfirmasi lewat pernyataan resmi dari Honda Cars India.

"Mobil entry kami sekarang (sedan) Amaze. Kami telah berhenti memproduksi Brio dan mulai sekarang kami tidak berniat membawa generasi baru Brio ke India," ujar Senior Vice President and Director (Sales and Marketing) Rajesh Goel Honda Cars India seperti dikutip dari The Economic Times, Minggu (10/2).

Goyal menjelaskan preferensi konsumen India saat ini bergeser menginginkan mobil lebih besar seperti tren yang berlaku global.


Amaze, sedan yang dirancang menggunakan platform Brio, kini lebih didorong ditawarkan buat konsumen kelas bawah. Sedan dianggap lebih berpotensi sebab pada tahun lalu mobil terlaris di India merupakan sedan.

Goyal mengatakan tidak ada keinginan mengganti Brio dengan model lain. Dia juga menyebut hatchback Jazz dan SUV low WR-V yang ukurannya sedikit lebih besar dari Brio bisa jadi pilihan buat konsumen ingin mobil kecil Honda.

Brio meluncur di India pada September 2011, hingga 2018 sudah terjual 97 ribu unit. Pada 2017, Honda juga telah menghentikan penjualan Mobilio karena penjualannya terus surut. Hal itu dilakukan setelah Mobilio meluncur pada Juli 2014 dan terjual 40.789 unit.

Generasi kedua Honda Brio. (Foto: CNN Indonesia TV)
Kinerja Brio di India sangat berlainan dengan Indonesia. Di dalam negeri, Brio yang dijual pada dua kategori, hacthback low dan Low Cost Green Car, merupakan salah satu model terlaris Honda pada 2018.

Generasi kedua Brio telah meluncur di Indonesia pada Agustus 2018. Saat itu dikatakan, sejak meluncur pertama kali pada 2012, Brio telah terjual 246 ribu unit di Tanah Air. (fea)