Modifikasi Mobil

Suzuki Jimny 'Galak' Terinspirasi G-Class

tim, CNN Indonesia | Senin, 11/02/2019 17:17 WIB
Suzuki Jimny 'Galak' Terinspirasi G-Class Kesan mobil offroad kian kental dengan penggunaan over fender yang biasa tertanam pada mobil-mobil pekerja keras. (Foto: Screenshot via www.wald.co.jp)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suzuki Jimny generasi baru mencuri perhatian pemerhati otomotif dunia sejak kelahirannya pada 2018. Namun tak jarang penampilannya membuat sebagian orang merasa kurang puas, salah satunya 'tuner' Wald International.

Di tangan rumah modifikasi asal Jepang, mini jip tersebut mendapat sentuhan baru hingga penampilannya lebih 'galak'. Sepintas hasil ubahannya mirip dengan Mercedes-AMG G63 Edition 1 yang dijual di Indonesia dengan harga sekitar Rp7 miliar.

Oleh Wald, mini jip itu mendapat julukan "Suzuki Jimny Black Bison". Bentuk modifikasinya sempat mejeng pada pameran Osaka Auto Messe di Jepang yang berakhir beberapa waktu lalu.


Para modifikator Wald tidak menghilangkan desain Jimny yang khas, yaitu 'kotak'.

Pertama mereka mengubah tampilan depan mulai, bumper, gril. Bumper depan kini menampilkan LED untuk menggantikan lampu kabut bawaan pabrik. Sedangkan gril barunya diapit lampu depan berdesain bulat yang jeroannya telah diganti.

Pada bagian kap mesin memiliki bagian menonjol yang memiliki fungsi jalan masuk udara ke ruang mesin. Desain kap baru bukan untuk memperlihatkan perubahan pada jantung penggerak. Wald masih mempertahankan mesin keluaran pabrik.

Ubahan selanjutnya pada kaki-kaki. Desainer menggunakan pelek baru untuk meladeni ban ukuran besar yang digunakan untuk di jalan berlumpur. Profil baru itu menandakan Wald benar-benar ingin Jimny bisa bergerak liar di medan menantang yang tak mungkin dilakukan Jimny standar.

Kesan mobil offroad kian kental dengan penggunaan 'over fender' yang biasa tertanam pada mobil-mobil 'pekerja keras'.

Beranjak ke buritan. Para tuner mengubah desain bumper agar selaras dengan penampilan depan yang 'sangar', selain penggunaan rear wing berukuran sedang.

Kehadiran komponen tersebut bisa dibilang 'aneh' mengingat awalnya para pemodifikasi menonjolkan sebuah jip yang garang untuk di lintasan berat. Tapi enggak ada salahnya mencoba demi menyuguhkan rasa yang berbeda.

Minim informasi biaya modifikasi untuk mendandani Jimny seperti ini. Namun yang jelas sebagai bengkel modifikasi kawakan, bukan perkara sulit mengubah Jimny tampak lebih 'kekar', mengingat Wald telah terbiasa mengutak-atik mobil-mobil merek asal benua biru.

Di Indonesia, Jimny keluaran terbaru tampil pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Mobil daya tampung lima penumpang itu sempat mencuri perhatian anak mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono.

Di Jepang, Jimny tersedia dalam versi mesin kecil 660 cc atau kei car dan varian lain yaitu XG, XL, dan XC. Sementara untuk pasar Global, termasuk Indonesia Suzuki menciptakan Jimny Siera dengan mesin 1.500 cc. (and/mik)


BACA JUGA