Sepeda Listrik Migo Bebas Berkeliaran di Car Free Day Jakarta

tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 11:09 WIB
Sepeda Listrik Migo Bebas Berkeliaran di Car Free Day Jakarta Sepeda listrik Migo menghiasi car free day di Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan transportasi sepeda listrik Migo e-Bike resmi diluncurkan di Jakarta setelah sebelumnya di Surabaya. Pihak perusahaan mengenakan biaya sewa Rp3 ribu per 30 menit untuk konsumen di Jakarta.

Di balik keuntungannya tidak mengeluarkan emisi gas buang, namun sepeda listrik Migo menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Banyak meragukan Migo adalah sepeda listrik, sebab sejumlah masyarakat berpendapat desain bodi Migo mirip motor matik (skutik) sementara ada pedal di kiri dan kanan seperti sepeda pada umumnya.

[Gambas:Instagram]


Di samping itu sepeda listrik Migo punya lampu depan, lampu belakang, spion, sein, yang membuat penampilannya mirip sepeda motor. Pengendara sepeda listrik Migo wajib menggunakan helm.

Migo kerap ditemui di jalan raya saat jam-jam sibuk, mamun tak jarang Migo menghiasi car free day di Jakarta, sebab mereka memiliki keyakinan Migo adalah sepeda listrik, bukan sepeda motor listrik.

[Gambas:Instagram]

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Herman Ruswandi mengatakan bahwa Migo melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 49 terkait kewajiban kendaraan yang melintas di jalan raya wajib memenuhi persyaratan.

Kepolisian beranggapan sepeda listrik Migo adalah kendaraan bermotor, wajar perlu ada penindakan karena Migo melanggar aturan lalu lintas.

"Ini jadi bahasan yang akan dibahas hari Senin (11/2). Itu nanti akan ditangkap dirazia, dikandangin (sepeda listrik Migo)," kata Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Herman Ruswandi kepada CNNIndonesia.com, Senin (11/2).

[Gambas:Instagram]

Di satu sisi Operating Manager Migo Alice punya keyakinan Migo bukan skutik bertenaga listrik melainkan kendaraan tidak bermotor yang digerakkan tenaga manusia.

"Selama ini kami menggunakan unit yang kami assemble (assembling/perakitan) sendiri. Hal ini berkaitan dengan perakitan unit dan juga sistem yang kami pasang pada tiap unit," ucap Alice beberapa waktu lalu.

Alice belum bisa memberikan tanggapannya atas kritikan kepolisian terkait Migo yang disebut menyalahi aturan lalu lintas.

[Gambas:Youtube] (mik)




BACA JUGA