5 Mobil Baru Merek Inggris Meluncur di Indonesia Tahun Ini

Febri Ardani, CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 19:01 WIB
5 Mobil Baru Merek Inggris Meluncur di Indonesia Tahun Ini Produk Jaguar Land Rover dan Bentley yang dipasarkan Wahana Auto Ekamarga. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wahana Auto Ekamarga sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Jaguar Land Rover dan Bentley di Indonesia akan meluncurkan lima mobil baru merek Inggris sepanjang tahun ini.

Brand Director WAE Jentri Izhar yang menangani merek Jaguar Land Rover menyebut model baru yang bakal meluncur pada tahun ini adalah Land Rover Discovery 2.0L dan generasi baru Range Rover Evoque.

Jentri menjelaskan Discovery 2.0L bakal menggantikan Discovery 3.0L yang selama ini sudah dijual di dalam negeri.


Selain berkaitan dengan pengetatan impor mobil mewah berkapasitas lebih dari 3.000 cc yang diinisiasi pemerintah, alasan memperkenalkan varian mesin Discovery lebih kecil dikatakan buat mengedukasi teknologi pada masyarakat Indonesia.

"Tujuan memperkenalkan untuk membuat konsumen lebih percaya dengan mesin dua liter itu dengan teknologi baru sekarang sudah jauh lebih mumpuni menghasilkan output dan torsi yang besar, cukup buat mobil offroad," ujar Jentri di Jakarta, Selasa (12/2).

Jadwal peluncuran belum diungkap, namun disebut bakal dilakukan pada pertengahan tahun. Saat Discovery 2.0L mulai dijual, maka WAE bakal berhenti mengimpor stok unit Discovery 3.0L.

"Discovery kita akan ganti, bukan setop tapi orang masih bisa pesan. Jadi prinsip kami, konsumen tetap boleh pesan model apapun yang mereka mau selama di Indonesia masih bisa lulus homologasi," ucap Jentri.

'All-New' Evoque untuk pasar global sudah meluncur pada tahun lalu dengan ramuan konsep desain yang sama, namun ditambah teknologi baru. Generasi kedua menggunakan platform baru yang telah disesuaikan dengan era mobil listrik.

Jentri tidak menjelaskan waktu peluncuran Evoque terbaru, namun dikatakan akan dikerjakan setelah Discovery 2.0L.

Dhani Yahya, Brand Director WAE yang mengurus merek Bentley di Indonesia mengungkap ada tiga model yang mau diluncurkan pada tahun ini, yakni edisi terbatas Mulsanne dan Continental GT serta varian hibrida Bentayga.

Edisi terbatas Mulsanne dan Continental GT menggunakan tema perayaan 100 tahun usia Bentley di dunia. Disebut Dhani masing-masing cuma diproduksi 100 unit buat seluruh dunia.

Sedangkan Bentayga Plug-in Hybrid dikatakan sudah bisa dipesan masyarakat pada akhir 2019 atau awal 2020. Mobil ini menggendong mesin V6 3.000 cc yang sudah digunakan pada varian konvensional, namun ditambah motor listrik.

Luapan tenaga yang dihasilkan dari kombinasi dua sumber penggerak sebesar 449 tenaga kuda dan torsi 450 Nm.

"Ini sesuatu yang akan memberikan energi untuk meningkatkan penjualan," kata Dhani. (fea/mik)