GIIAS The Series 2019 akan Digelar di 4 Kota

ray, CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 16:28 WIB
GIIAS The Series 2019 akan Digelar di 4 Kota Suasana pameran otomotif GIIAS 2018 digelar di ICE, BSD, Tengerang. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali hadir tahun ini mengusung konsep baru, yaitu GIIAS The Series.

Pameran otomotif yang dihadiri puluhan merek mobil dan motor itu akan dimulai dari di Surabaya, 29 Maret sampai 7 April 2019, bertempat di pusat perbelanjaan Grand City. Acara selanjutnya pada 18-28 Juli 2019 bertempat di ICE, BSD City, Tangerang.

Lokasi ketiga berlangsung di Makassar mulai 4-8 September 2019, bertempat di Celebes Convention Center, dan ditutup di Medan pada 23-27 Oktober 2019, di Santika Convention Center.
Pameran otomotif GIIAS diharapkan bisa mengedukasi masyarakat dengan kehadiran teknologi otomotif terkini, selain memberikan informasi mengenai industri otomotif global dan khususnya perkembangan industri otomotif Indonesia ke mata dunia.

"GIIAS adalah inspirasi teknologi otomotif. Jadi Gaikindo akan terus membangun GIIAS agar menjadi ajang paling lengkap dalam menyampaikan informasi terkini dari industri otomotif, dan tema "Future in Motion" sendiri akan merepresentasikan transformasi yang terus berlangsung di industri otomotif global", tutur Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo di Jakarta, Selasa (26/2).


GIIAS 2019 di Surabaya

Dalam pembukaan GIIAS 2019 yang diselenggarakan di Surabaya cuma dihadiri hanya 15 merek mobil penumpang dan komersial, yaitu Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Wuling, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, BMW, Wuling, Isuzu, dan Mitsubishi Fuso.

"Data terakhir yang masuk ke kami ada tambahan dari Fuso dan BMW jadi total untuk pembukaan 15 brand," kata Presiden Direktur Seven Event Romi, selaku promotor GIIAS 2019.

Romi menjelaskan peserta pembukaan GIIAS 2019 lebih sedikit karena keterbatasan lokasi. Namun, menurut dia pihaknya masih mengusahakan ruang tambahan agar mengakomodir peserta lain yang tertarik.
Ketua Penyelenggara GIIAS 2019, Rizwan Alamsjah mengungkapkan alasan mengapa memilih Surabaya sebagai kota pembukaan GIIAS The Series.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua III Gaikindo itu Surabaya merupakan salah satu kota terbaik untuk membuka pameran tersebut, dan diharapkan banyak produsen otomotif memanfaatkan pameran untuk meluncurkan mobil baru.

Selain itu Rizwan menilai kawasan Jawa Timur adalah daerah dengan pertumbuhan ekonomi cukup tinggi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) selama 2018, yaitu sebesar 5,4 persen atau di atas pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,15 persen.
"Sebagai salah satu kota besar yang berada di wilayah Jawa Timur, dimana Jawa Timur selalu mencatat pertumbuhan ekonomi di atas pertumbuhan ekonomi nasional, saya rasa sangat tepat Surabaya membuka GIIAS 2019 The Series," ucap Rizwan.

Penyelenggaraan GIIAS 2019 di Tangerang diyakini bisa menarik merek kendaraan lebih banyak untuk ikut gabung dalam acara.

"Untuk GIIAS kami tidak ada target penjualan meski hal lumrah produsen berjualan di pameran. Sejak tahun lalu kami memang tidak sampaikan angka walau perbandingannya ada peningkatan penjualan. Pada pameran ini tujuan kami mentransfer teknologi," tutup Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

[Gambas:Video CNN] (ryh/mik)


ARTIKEL TERKAIT