NASA Bakal Luncurkan Crew Dragon SpaceX ke ISS Sabtu Ini

CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 20:28 WIB
NASA Bakal Luncurkan Crew Dragon SpaceX ke ISS Sabtu Ini Kapsul Crew Dragon milik Space X yang akan diterbangkan ke ISS Sabtu mendatang (David McNew/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA telah menetapkan jadwal peluncuran untuk pesawat Crew Dragon milik SpaceX pada akhir pekan, Sabtu (2/3). Peluncuran ini dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 2 Maret 2019, pukul 2:49 pagi waktu setempat.

Jika terjadi suatu kendala pada peluncuran tanggal 2 Maret nanti, NASA berencana untuk menunda tanggal peluncuran menjadi 5 Maret. Akan tetapi, hal ini akan dilakukan jika diperkirakan kondisi cuaca baik yang mendukung hanya sekitar 40 persen.

Namun, melalui unggahan blognya, NASA 80 persen yakin kondisi cuaca akan mendukung pada waktu peluncurkan roket dijadwalkan. 


Diprediksi lemahnya tekanan udara tinggi dari arah tenggara, akan terjadi selama peluncuran, dengan kemungkinan kecil hujan, serta lemahnya angin permukaan. Ada sedikit kekhawatiran munculnya awan kumulus ataupun awan lain yang akan menghambat proses peluncuran, seperti diberitakan BGR

Proses peluncuran yang dilangsungkan secara seketika itu, harus tepat waktu, dan sesuai dengan perhitungan yang telah direncanakan, karena kondisi cuaca dapat berubah dengan cepat, dan peluncuran dapat dibatalkan.

Tujuan utama dari operasi ini nantinya adalah untuk mengangkut dan membawa pulang astronaut Amerika Serikat yang sedang berada di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Station) kembali ke Bumi.

Uji penerbangan ini sekaligus merupakan tes kapsul Crew Dragon SpaceX. Apakah kapsul itu sudah cukup aman untuk meluncur ke luar angkasa, menempel ke ISS, dan mengembalikan awak ke permukaan Bumi. Untuk itu, akan disertakan satu boneka uji antropomorfik yang dilengkapi sensor untuk memantau apa yang akan terjadi pada para astronaut bila peluncuran dilakukan.

Selain bertugas untuk membawa kru astronot pulang, Crew Dragon akan membawa sebanyak 181 kilogram suplai untuk Stasiun Luar Angkasa.

Setelah memasuki orbit, Crew Dragon direncanakan akan berlabuh di ISS pada 3 Maret.

"Astronot Anne McClain, dan David Saint Jacques akan mengawasi kedatangan Crew Dragon pada hari Minggu. Pesawat dijadwalkan akan berlabuh di International Docking Adapter pada pukul 6 pagi. Dimana pintu palka akan dibuka dua jam kemudian," jelas NASA seperti dilansir Space

Misi Crew Dragon akan selesai pada tanggal 8 Maret dan akan mendarat di Samudera Atlantik, di pesisir timur Florida. (eks/eks)