Grab Bakal Sediakan Pinjaman Dana Bagi Pengemudi

CNN Indonesia | Senin, 18/03/2019 10:45 WIB
Grab Bakal Sediakan Pinjaman Dana Bagi Pengemudi Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya menawarkan layanan untuk penumpang, Grab tengah menyiapkan opsi untuk mitra pengemudi. Layanan bisnis terbaru Grab menawarkan peminjaman dana hingga US$100 ribu atau lebih dari Rp1 miliar.

Perusahaan yang kini menyandang status sebagai decacorn (startup dengan valuasi US$10 miliar) menjanjikan proses peminjaman hanya memakan waktu dua menit. Dana pinjaman dijanjikan bisa cair dalam waktu tiga hari sejak proses pengajuan.

Juru bicara Grab kepada The Strait Times mengatakan upaya ini tak lain sebagai bentuk bantuan kepada pelaku bisnis skala kecil. Untuk menarik minat para mitranya, Grab mulai mempromosikan layanan barunya ini lewat Facebook.


"Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan micro-entrepeneur, serta bisnis-bisnis kecil," ungkap juru bicara Grab.

Kendati demikian, perusahaan yang didirikan oleh Anthony Tan ini belum menjelaskan kapan layanannya itu akan diluncurkan. Di samping itu, Grab juga belum memberikan kriteria peminjaman serta volume peminjaman dana.

Untuk bisa menikmati layanan ini, pengemudi hanya perlu menyiapkan KTP-el, kartu keluarga, surat nikah, foto terbaru, dokumen legal perusahaan, dan surat kolateral bank jika tersedia.

Tenor pengembalian pinjaman ditawarkan hingga 60 bulan, sesuai dengan jumlah pinjaman dan waktu yang disepakati kedua pihak.

Kabar kemunculan layanan baru ini seakan menjadi langkah nyata dari kerja sama Grab dengan perusahaan finansial konsumer terbesar di Jepang, Credit Saivon. Kerja sama tersebut menyasar micro-enterpreneur, mitra pengemudi, agen, merchant, dan pebisnis kecil di Asia Tenggara.

Grab menawarkan mitra pengemudi di Indonesia bisa mengajukan pinjaman hingga Rp25 juta untuk pengembangan bisnis usaha yang telah berafiliasi dengan GrabFood. GrabFood Loans telah bekerja sama dengan BRI Syariah untuk memudahkan masyarakat menerima pinjaman dan melakukan pengembalian dana.

Pengguna yang telah mengisi GrabFood Loans akan dipertemukan dengan pihak BRI Syarian untuk pengecekan dokumen kelengkapan dan pembahasan kesepakatan peminjaman. (lea/evn)