Pengembang Harap Gim Apple Arcade Tambah Sumber Pendapatan

CNN Indonesia | Kamis, 28/03/2019 06:30 WIB
Pengembang Harap Gim Apple Arcade Tambah Sumber Pendapatan Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple meluncurkan layanan berlangganan bermain gim, Apple Arcade. Dengan layanan ini, pengguna bisa memainkan lebih dari seratus judul gim berbayar, seperti Hironobu Sakaguchi (pencipta Final Fantasy), Ken Wong (Monument Valley), dan Will Wright (The Sims).

Phil Schiller Wakil President Senior untuk Pemasaran Global Apple menyebut pengguna dapat mencoba berbagai judul game ketimbang membelinya satu persatu.

Apple masih belum mengungkap berapa harga yang harus dibayar oleh pelanggan untuk berlangganan layanan ini. Selain itu belum dijelaskan juga secara detil bagaimana Apple akan berbagi pendapatan dari layanan ini dengan para pengembang.


Sebab, dikhawatirkan para pengembang malah akan mendapat pendapatan yang lebih kecil dari model bisnis baru Apple ini. Namun ada juga yang optimis model bisnis ini akan jadi sumber pendapatan baru.

"Ada potensi Apple Arcade akan jadi sumber pendapata baru bagi pengembang gim," jelas Adriaan de Jongh, co-creator gim Hidden Folks, seperti dikutip The Verge.

Layanan ini memberikan pengguna akses penuh ke dalam konten gim, termasuk pembaruan di masa depan. Semua judul gim akan dapat dimainkan tanpa koneksi internet, dan beberapa judul memiliki dukungan untuk perangkat konsol, sehingga dapat dimainkan lintas perangkat Apple.

Dilansir dari Reuters, layanan Apple Arcade tidak akan melawan Stadia, platform streaming gim berlangganan yang diumumkan Google pekan lalu. Jika Stadia milik Google akan membawa judul-judul gim yang rilis untuk Playstation, Xbox, dan PC, maka Apple Store membawa judul-judul gim mobile, serta judul-judul baru yang original.

Apple Arcade direncanakan akan meluncur pada musim gugur tahun ini untuk lebih dari 150 negara. Sayangnya masih belum ada informasi terkait harga yang harus dibayarkan pengguna dalam satu kali periode berlangganan.

Melalui situsnya, Apple mengumumkan nama-nama tim pengembang yang gim nya dapat dimainkan menggunakan layanan ini, seperti Annapurna Interactive, Bossa Studios, Cartoon Network, Finji, Giant Squid, Klei Entertainment, Konami, LEGO, Mistwalker Corporation, SEGA, Snowman, ustwo games, dan masih banyak lagi. 

[Gambas:Video CNN] (lea/eks)