BMW Disebut Ingin Beli Pabrik Honda Civic di Inggris

and, CNN Indonesia | Kamis, 28/03/2019 14:25 WIB
BMW Disebut Ingin Beli Pabrik Honda Civic di Inggris Ilustrasi pabrik Honda. (Foto: REUTERS/Fred Thornhill)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pabrik Honda di Swindon, Inggris, yang sudah dinyatakan bakal ditutup pada 2021, dikabarkan lagi diincar BMW. Produsen asal Jerman itu disebut lagi mencari fasilitas produksi tambahan di Inggris menyusul meningkatnya permintaan SUV X1.

Honda sudah mengumumkan penutupan pabrik Swindon yang selama ini memproduksi Civic pada bulan lalu. Petinggi Honda menyatakan keputusan itu tidak berkaitan dengan Brexit (Inggris keluar dari Uni Eropa), meski begitu banyak pihak yang menganggapnya berhubungan.

Keputusan Honda diprediksi bakal bikin 3.500 karyawan pabrik kehilangan pekerjaan.



Autocar, Rabu (27/3), mengabarkan berdasarkan informasi dari narasumber BMW, saat ini sedang ada diskusi internal tentang upaya mengambil alih pabrik Swindon setelah resmi ditutup.

Alasan di belakang ide itu karena sistem produksi di pabrik sudah terpasang jadi kemungkinan investasi ini tidak sebesar mendirikan pabrik baru. Selain itu, BMW sudah punya pabrik Mini di Oxford yang salah satu penyuplai komponennya berada di dekat Swindon.

Menurut The Guardian, tidak akan ada keputusan soal pembelian pabrik Honda di Swindon sebelum ada pernyataan resmi pemerintah Inggris terkait Brexit. Dijelaskan juga BMW mengamati tentang masa depan perdagagnan antara Inggris dan Uni Eropa.

"Ada ketertarikan selama beberapa waktu. Itu sesuatu yang lagi kami perhatikan," kata narasumber BMW yang bicara dengan The Guardian.

Saat ini permintaan X1 sedang membengkak, kontribusinya lebih dari 13 persen dari penjualan global BMW. Ada kecurigaan lain BMW menginginkan pabrik Swindon untuk menjadikannya basis platform UKL1, platform ini digunakan pada X1, X2, Seri 1, Seri 2, dan mobil-mobil Mini. (and/fea)