Rudiantara Jelaskan Ucapan Indonesia Merdeka Sinyal di 2019

CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 23:59 WIB
Rudiantara Jelaskan Ucapan Indonesia Merdeka Sinyal di 2019 Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan ia tidak penah berbicara soal merdeka sinyal di seluruh wilayah Indonesia tahun ini.

Ia menyebut ucapan terkait merdeka sinyal yang dimaksudnya di tahun ini ada di tingkat kabupaten yang sudah terhubung seiring dengan rampungnya proyek Palapa Ring.

"Ini saya selalu katakan, saya tidak pernah bicara Merdeka Sinyal [untuk seluruh wilayah di Indonesia], titik. Tentu kedalamnya masih perlu, bukan Merdeka Sinyal seluruh Indonesia 90 juta masyarakat Indonesia belum [merdeka sinyal]," kata Rudiantara usai peluncuran buku Demokrasi Damai Era Digital, di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Senin (1/4).


Rudiantara menjelaskan maksud ucapannya terkait merdeka sinyal di tahun 2019 baru akan dirasakan di 514 kabupaten/ kota usai rampungnya proyek Palapa Ring Timur pada pertengahan tahun mendatang.

Ucapan Rudiantaran ini sekaligus konfirmasi atas ucapannya dalam sebuah kesempatan di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Jumat (29/3) lalu terkait Indonesia merdeka sinyal.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang kerap disapa Chief RA ini mengatakan jika Indonesia masih belum merdeka dari internet.

"Kita akan merayakan 74 tahun kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. Tapi kita belum merdeka dari internet, nanti pertengahan tahun [2019] ini kita merdeka dengan internet kecepatan tinggi," ujar Rudiantara dalam keterangannya seperti dilansir laman resmi Kominfo.

Rudi mengatakan jika proyek Palapa Ring Timur rampung maka ada 214 ribu sekolah dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK yang bisa terhubung.

Proyek Palapa Ring Timur digarap oleh PT Palapa Timur Telematika sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP). Proyek Palapa Ring digelar oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) bersama BUP untuk menjangkau 90 kabupaten atau kota di Indonesia yang infrastruktur jaringan internetnya belum dibangun oleh pihak swasta.

Sejauh ini baru Telkom dan Indosat yang telah melakukan uji coba untuk proyek Palapa Ring Tengah. Sementara XL Axiata, Telkomsel, dan Smartfren sudah menggunakan Palapa Ring Barat. (din/evn)