Facebook Kembangkan Tab Khusus Berita yang Sudah Dikurasi

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 09:13 WIB
Facebook Kembangkan Tab Khusus Berita yang Sudah Dikurasi Ilustrasi: (Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook sedang mengembangkan bagian baru yang dikhususkan untuk mengkurasi berita berkualitas dan dapat dipercaya.

Dilansir dari CNN, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengungkapkan bagian baru tersebut bisa berupa tab seperti 'Watch' dalam platform. Zuck pun menjelaskan kemungkinan tab baru bisa diluncurkan pada 2019.

Tab ini akan terpisah dari Umpan Berita yang akan tetap tidak berubah, artinya pengguna masih dapat berbagi dan menemukan berita di sana.


"Karena tab tersebut sudah mulai tumbuh sangat cepat, dan banyak video yang sekarang digunakan orang melalui layanan kami, kami telah memutuskan bahwa memang ada peluang untuk melakukan sesuatu seperti itu dengan berita juga," Zuckerberg menjelaskan dalam diskusi dengan Mathias Döpfner, Kepala Eksekutif Penerbit Berita Axel Springer.
Zuckerberg mengatakan dia membayangkan tujuan berita sebagai tempat pencarian akan mencapai 10 persen hingga 20 persen dari pengguna Facebook. Zuck menggambarkannya sebagai tempat yang akan dipersonalisasi dan dikuratori.

"Jadi, tentu saja apa pun yang kita lakukan akan dipersonalisasi," kata Zuckerberg.

"Tapi ada pertanyaan yang saya miliki yaitu tingkat kurasi apa yang seharusnya kita miliki, kami tidak akan membuat wartawan membuat berita tapi saya pikir apa yang ingin kita lakukan adalah memastikan bahwa ini adalah produk yang bisa membuat orang mendapatkan berita berkualitas tinggi, bukan?"

Sementara Zuckerberg tidak membayangkan mempekerjakan jurnalis untuk menghasilkan karya asli kepada Facebook,

Dalam membangun fitur baru, Zuckerberg menjabarkan tiga prinsip yang menurutnya ingin ia pertahankan.

Pertama, dia ingin membangun produk dengan cara konsultatif di mana para ahli di bidang memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik.

Kedua, ia ingin meningkatkan monetisasi untuk penerbit dari News Feed. Dan akhirnya, ia ingin mengembangkan ekosistem online di mana jenis jurnalisme baru dapat berkembang.

Kemungkinan peningkatan monetisasi akan menarik perhatian penerbit. Zuckerberg mengatakan Facebook harus berpikir tentang kemungkinan membayar biaya lisensi penerbit, sebuah ide yang telah dikemukakan oleh para eksekutif pemilik media.

"Saya pikir itu masuk akal dan ada banyak detail untuk dikerjakan tetapi itu adalah salah satu hal yang saya optimis yang dapat membuat ini lebih berkelanjutan," kata Zuckerberg.
[Gambas:Video CNN] (age/age)