Ghosn Bakal Ungkap Nama 'Aktor' di Balik Penangkapannya

AFP, CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 11:52 WIB
Ghosn Bakal Ungkap Nama 'Aktor' di Balik Penangkapannya Carlos Ghosn. (Foto: REUTERS/Jacky Naegelen)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan bos Nissan, Carlos Ghosn, bakal mengungkap nama orang-orang yang bertanggung jawab atas berbagai kejadian hukum yang menimpa dirinya di Jepang. Istri Ghosn, Carole, yang menjelaskan hal itu dalam sesi wawancara pada Minggu (8/4).

Pada pekan lalu Ghosn kembali ditangkap atas tuduhan baru yang masih terkait dugaan penyelewengan finansial. Ghosn dinyatakan tetap ditahan hingga 14 April.

Carole yang saat ini sudah meninggalkan Tokyo ke Paris dengan bantuan kedutaan Prancis telah bicara kepada surat kabar Prancis, Journal du Dimanche. Dia mengungkap bahwa sebelum ditangkap, Ghosn sudah merekam video berbahasa Inggris.


"Dia memberi tahu nama orang yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi padanya. Pengacara sudah memiliki itu. Itu akan dirilis sebentar lagi," kata Carole.

Carole juga mengatakan telah meminta bantuan dari kedutaan Prancis karena merasa dalam bahaya. Paspor Libanon Carole telah disita oleh otoritas Jepang, namun dia bisa menggunakan paspor Amerika Serikat untuk ke luar Jepang.

Peran kedutaan Prancis menyulut persepsi telah terjadi friksi dengan Jepang pada kasus sensitif Ghosn, yang melibatkan Nissan dan Renault. Sebelum serangkaian penangkapan Ghosn sejak tahun lalu terlaksana, dia merupakan pemimpin dua perusahaan itu.

Media Jepang, NHK, menjelaskan jaksa penuntut di Tokyo mau mewawancarai Carole secara sukarela. Laporan lainnya bilang otoritas Jepang menduga ada aliran dana dari Ghosn yang kemungkinan transit di bisnis yang dijalani Carole.

Penangkapan Ghosn telah dimulai dari 19 November hingga 6 Maret lalu. Ghosn sudah menyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan yang sudah dilayangkan. (fea)


BACA JUGA