Laporan dari Bangkok

Tiru Oppo, Samsung Pakai Kamera Pop-Up Putar pada Galaxy A80

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 10/04/2019 20:18 WIB
Tiru Oppo, Samsung Pakai Kamera Pop-Up Putar pada Galaxy A80 Kamera putar pop-up Samsung A80. (CNN Indonesia/Eka Santhika Parwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung memperkenalkan lini ponsel anyar Galaxy A80. Untuk membuat tampilan layar yang penuh tanpa poni, Samsung membuat kamera depan menghilang sama sekali. Sebagai gantinya, Samsung mengadopsi teknologi kamera pop up dan putar yang selama ini digunakan oleh vendor ponsel lain sebagai strategi untuk menciptakan tampilan bezel-less pada layar ponsel.

Sebelumnya teknologi kamera pop up digunakan Vivo V15 dan Oppo F11 Pro untuk membuat layar lega tanpa notch. Sementara inovasi kamera putar telah digunakan pada Oppo N1 yang meluncur 2013 lalu.

Tampilan layar dengan pinggiran yang tipis (bezel-less) pertama kali diperkenalkan saat peluncuran iPhone X pada 2017. Namun iPhone saat itu tak bisa menghilangkan aneka sensor dan kamera depan. Sehingga mereka terpaksa menodai tampilan layar berbingkai tipis itu dengan notch untuk menempatkan sensor dan kamera depan. Setelah itu berbagai vendor mulai berkreasi untuk memberikan tampilan penuh tanpa notch. Salah satu yang umum dilakukan adalah dengan membuat kamera depan pop up.


Kamera Samsung galaxy A80 akan otomatis muncul ketika pengguna mengaktifkan fitur kamera depan. Motor akan menggerakkan kamera belakang ke atas lantas kamera akan berputar ke depan untuk mengambil swafoto.
Samsung menyebut motor kamera ini tidak akan mengangkat jika bagian atas kamera tertahan. Selain itu, jika saat posisi kamera terangkat dan ditekan, maka ia akan otomatis masuk.

Namun tidak ada jaminan bagian kamera yang bergerak ini tak mudah rusak. Motor yang menggerakkan kamera bisa saja macet, sela pada bagian kamera yang baik turun bisa memasukkan objek yang bisa menahan gerak naik turun kamera. Ketika ponsel terjatuh saat kamera tengah berputar ke depan juga bisa jadi salah satu titik lemah kamera ponsel ini.

Menanggapi kemungkinan ini, Samsung menyebut mereka menggunakan bahan kaca di bagian belakang ponsel untuk mencegah kamera pop up bengkok jika terjatuh. Kaca yang digunakan untuk ponsel ini adalah gorila glass 6.

Samsung menyebut ponsel ini ditujukan bagi anak muda yang gemar melakukan siaran langsung (live) di media sosial. Untuk kamera utama ini Samsung menempatkan pasukan tiga kamera.
Kamera utama beresolusi 48MP dengan f/2.0. Kamera kedua adalah lensa bersudut lebar 123 derajat (wide angle) 8 MP f/2,2. Sementara kamera ketiga adalah sensor 3D depth (ToF) Yang digunakan untuk fitur Live Focus.

Fitur Live Focus ini bisa digunakan untuk foto dan video. Namun saat dicoba fitur Live Focus Kamera ini tidak bisa menghasilkan tingkat keburaman yang terlalu menawan. Fitur Bokeh ini juga kesulitan melakukan fungsinya jika mendeteksi latar yang terlalu ramai. Ponsel ini juga punya fitur Super Steady untuk membuat pengambilan video yang lebih stabil.

Selain itu A80 juga telah dilengkapi dengan fitur fast charging 25 Watt.

Ponsel ini akan tersedia di Indonesia pada 29 Mei 2019.


Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A80

Galaxy A80
Display6,7 inci FHD+
Super AMOLED
CameraMain: 48MP, f2,0
Ultra Wide: 8MP, f2,2
3D Depth
Rotating Camera
Body165,2 x 76,5 x 9,3 mm
APOcta Core
MemoriRAM 8 GB ROM 128 ROM
Micro SDNot Supported
Baterai3.700mAh
25W Super Fast Charging
OSAndroid 9.0
Biometric AutOn-Screen Fingerprint
WarnaPhantom Black
Angle Gold
Ghost White
Design3D Glass + Metal Frame
(eks/age)