Tips Otomotif

Trik Agar Harga Mobil Bekas Tak Anjlok

ray, CNN Indonesia | Minggu, 14/04/2019 16:15 WIB
Trik Agar Harga Mobil Bekas Tak Anjlok Mobil bekas masih menarik perhatian konsumen. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak orang merasa harga jual kembali mobil tidak sesuai harapan. Hal ini tentu menjengkelkan sebab kendaraan ditawar murah atau berada di bawah harga pasaran.

Menyikapi itu Kepala Inspektor Carsome (situs jual beli mobil bekas) Fransdhika memberikan beberapa tips agar pemilik roda empat mendapat harga maksimal. Berikut rangkumannya.

Langkah pertama, sebelum memutuskan menjual kendaraan, pemilik harus memastikan legalitas mobil. Semua yang berhubungan dengan legalitas meliputi BPKB, STNK, Faktur, hingga buku servis harus ada.


"Anda juga perlu memeriksa jatuh tempo pajak karena itu akan mempengaruhi penilaian mobil. Dengan menunjukkan semua catatan pemeliharaan dan layanan, hal itu mempermudah inspektor mobil dalam memberi penilaian mobil yang tepat," kata Fransdhika melalui keterangan resminya dikutip Minggu (14/4).

Setelah empat poin terpenuhi pemilik juga harus mampu menjaga penampilan mobil. Penampilan kendaraan juga masuk ke dalam pertimbangan harga jual kembali. Mobil akan mudah dijual jika pemiliknya rajin merawat eksterior dan interior kendaraan.

"Pergi ke bengkel Body dan Detailing sebelum dijual. Pastikan bengkel membuat mobil seperti baru lagi dengan menghilangkan goresan dan lecet, memoles body, cuci karpet, membersihkan interior, dan banyak lagi. Saya juga sarankan mengganti karpet dasar. tukar karpet dasar yang kotor dengan yang baru," ungkapnya.

Pemilik mobil juga sebaiknya mengembalikan bentuk kendaraan seperti semula karena tak sedikit pembeli mobil bekas lebih tertarik pada penampilan kendaraan yang standar keluaran pabrik.

"Pahami bahwa orang lebih suka melakukan modifikasi sendiri daripada membeli mobil yang sudah dimodifikasi," kata dia.

Sektor mesin, dikatakan Fransdhika juga mempengaruhi harga mobil bekas. Jika ada noda oli pada blok mesin disarankan pemiliknya melakukan servis besar dipastikan terdapat kebocoran.

Periksa juga minyak rem untuk memastikan tidak ada kebocoran. Jika belum sepenuhnya yakin, ia menyarankan pemilik mobil melakukan pengecekan di bengkel resmi agar saat dijual nanti mesin dalam kondisi prima.

Fransdhika menambahkan pemilik mobil juga harus memastikan berbagai perlengkapan kendaraan meliputi kunci cadangan, baterai kunci, dongkrak, kunci ban cadangan dalam kondisi baik.

"Saya menyarankan untuk menyimpan kelengkapan tersebut dengan baik dan mempersiapkannya untuk inspeksi mobil bekas," tutup Fransdhika. (ryh/mik)