Sokonindo Mulai Ekspor Glory 580 Produksi Cikande

fea, CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 04:28 WIB
Sokonindo Mulai Ekspor Glory 580 Produksi Cikande SUV 7-penumpang Glory 580 produksi pabrik di Cikande, Banten. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemegang merek DFSK, Sokonindo Automobile, pada tahun ini bukan cuma ambisius menggarap pasar dalam negeri tetapi juga mulai menjajaki pasar luar negeri.

Sejak Desember lalu, Sokonindo sudah mengirim SUV 7-penumpang Glory 580 produksi pabrik di Cikande ke berbagai negara di Asia Tenggara. Tahap awal ekspor itu diketahui untuk kebutuhan homologasi di Thailand, Bangladesh, dan Sri Langka.

Pabrik Sokonindo yang berkapasitas 50 ribu unit per tahun sedari awal juga didaulat sebagai basis produksi untuk kawasan Asia. Posisi Indonesia mendampingi pabrik mobil DFSK di China yang sudah menjadi basis produksi Glory 580 ke banyak negara di Eropa.


Menurut penjelasan Sokonindo, DFSK sudah punya pihak distributor di ketiga negara tersebut. Saat ini ketiganya sedang mengembangkan jaringan pemasaran.

"Januari dan Februari ini kami juga sudah mulai kirim lagi ke tiga negara itu untuk stok unit Glory 580. Kami kirim CBU, bukan CKD, karena mother plant Asia cuma ada di Indonesia," ungkap Public Relation and Digital Manager DFSK, Arviane Dahniarny Bahar, saat dihubungi, Selasa (16/4).

Menurut Arvianne unit ekspor sebagai stok belum banyak, jumlahnya disebut tidak sampai ratusan unit. Meski begitu dia memastikan ekspor dalam volume besar bakal dilakukan pada tahun ini.

Di Indonesia, Glory 580 punya dua pilihan mesin bensin yakni SFG15T 1.500 cc turbo dan SFG18 1.800 cc. Ada tiga pilihan transmisi yang ditawarkan yakni manual 5-percepatan, manual 6-percepatan, dan CVT.

Spesifikasi Glory 580 yang diekspor dikatakan menyesuaikan kebutuhan masing-masing negara. Namun dipastikan unit-unit itu setir kanan, sama seperti unit yang dijual di dalam negeri. (fea/mik)


BACA JUGA