Qualcomm Menangkan Seteru Paten Cip Modem atas Apple

CNN Indonesia | Jumat, 19/04/2019 15:30 WIB
Qualcomm Menangkan Seteru Paten Cip Modem atas Apple Ilustrasi (REUTERS/Jason Lee)
Jakarta, CNN Indonesia -- Qualcomm dan Apple saling membatalkan tuntutan satu sama lain setelah Apple setuju untuk membayar biaya lisensi modem cip 4G Qualcomm yang dianggap terhutang selama enam tahun. Namun, kedua perusahaan tidak mengungkap berapa besar biaya lisensi tersebut.  

"Ini adalah kemenangan besar (untuk Qualcomm)," jelas Christopher Rolland, analis dari Susquehanna Financial Group. Saham Qualcomm naik 23 persen menjadi US$70,45 (Rp991.552, 05), saham terbesar mereka dalam 19 tahun.

Penyelesaian ini juga mencakup gugatan yang diajukan oleh mitra pabrikan Apple. Perusahaan itu ingin Qualcomm mengembalikan kelebihan bayar US$9 miliar yang dibebankan Qualcomm, seperti dilaporkan Wired. Sebab, perusahaan cip tersebut dianggap membebankan biaya lisensi dua kali, kepada Apple dan perusahaan pemanufaktur iPhone.
.
Hal ini diumumkan pengacara Qualcomm dalam pembukaan sambutannya atas tuntutan kedua perusahaan di pengadilan federal di San Diego, Amerika Serikat. Qualcomm lantas mendaftarkan pula kasus ini disejumlah pengadilan lain, hingga ke luar negeri seperti China dan Jerman.


Seteru ini telah berlangsung selama dua tahun. Setelah perseteruan keduanya makin sengit, Apple lantas mengalihkan penggunaan cip modem pada ponselnya menggunakan produk Intel sejak tahun lalu.

Namun, Intel baru saja mengumumkan kalau mereka tidak akan memproduksi cip modem 5G. Sementara Qualcomm sudah mulai mengapalkan cip modem tersebut. Sehingga Apple berencana untuk mengalihkan pembelian cip 5G ke Samsung.

Meski demikian, investor Intel tidak begitu tertarik dengan bisnis modem perusahaan itu. Sebab, bisnis modem tidak begitu menguntungkan seperti bisnis cip CPU.

"Intel tidak memperdagangkan lebih rendah karena porsi bisnis modem hanya mewakili sebagian kecil pendapatan perusahaan," jelas Patrick Moorhead dari Moor Insights & Strategy.

Kemenangan ini bisa membantu Qualcomm kembali mendominasi cip modem 5G. Hal serupa pernah terjadi pada 2010 ketika dunia sedang melakukan transisi ke jaringan 4G. Momentum tersebut berhasil meningkatkan perusahaan itu secara drastis.

Meski demikian, Apple menuduh balik Qualcomm melakukan praktek paten ilegal untuk menjaga praktik monopoli modem cip yang digunakan untuk menghubungkan ponsel ke jaringan seluler. Qualcomm menyebut Apple telah menggunakan teknologi itu tanpa membayar lisensi paten miliknya.

Setelah kejadian ini, Qualcomm dan Apple tidak menyatakan akan bekerjasama lagi untuk perjanjian pasokan berikutnya. Namun analis Bernstein, Stacy Rasgon, menyebut kemungkinan besar akan menyolek Qualcomm untuk menyuplai cip 5G mereka.

Apple tidak menyebut akan mempertahankan Intel sebagai pemasok cip modem mereka. Tapi eksekutif perusahaan Appe menyebut kalau perusahaannya memiliki kebijakan uhntuk selalu mencari beberapa pemasok berbeda. Hal ini diungkap dalam kesaksian di persidangan antara Komisi Perdagangan Federal AS pada Januari lalu. (eks/eks)