Reaksi Tikus Ketika Berada di Ruang Angkasa

eks, CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 14:03 WIB
Reaksi Tikus Ketika Berada di Ruang Angkasa Ilustrasi kondisi stasiun luar angkasa internasional (ISS) (Screenshot via Google Maps Street View)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA mengirimkan modul khusus ke stasiun luar angkasa internasional (ISS) yang dinamakan Rodent Hardware System. Modul khusus ini akan digunakan untuk mengetes kondisi tikus dalam lingkungan mikro gravitasi. Tikus-tikus ini diamati jarak juga menggunakan video dari Bumi.

"Studi perilaku kami menunjukkan NASA Rodent Hardware System bisa digunakan untuk melakukan penelitian biologis jangka panjang di ISS," jelas April Ronca, peneliti di Pusat Riset Ames milik NASA di Silicon Valley, California, seperti tertulis dari blog NASA

Berdasarkan pengamatan, tikus-tikus itu awalnya tidak nyaman dengan kondisi ruang hampa, minus  gravitasi itu. Mereka melompat-lompat, melayang-layang di dalam kandang khusus itu. Mereka juga mencari arah, namun tidak berhasil. Tapi, tak lama kemudian mereka berhasil beradaptasi.


Mereka bahkan mulai bermain-main dengan situasi mengambang itu untuk mendorong diri mereka sendiri di sekitar kandang. Pada hari ke-11, tikus-tikus ini menjadi semakin liar dan menikmati kondisi tanpa gravitasi ini. Mereka berlarian keliling dinding kandang, membuatnya seolah-olah menjadi kandang hamster raksasa.

[Gambas:Youtube]

Percobaan ini dilakukan untuk memahami apakah tikus-tikus itu akan berperilaku sama ketika mereka diobservasi di Bumi. Penelitian ini menunjukkan tikus-tikus ini melakukan kegiatan rutin mereka, seperti merawat diri dan makan ketika lapar.

Penelitian seperti ini akan membantu persiapan NASA mempersiapkan misi penjelajahan antariksa manusia, termasuk rencana untuk mengirim astronaut ke Mars dan lebih jauh lagi.

Tikus dipilih dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah akan terjadi perubahan perilaku dan biologis terhadap mamalia ketika berada di kondisi mikro gravitasi dalam waktu lama, seperti dilaporkan BGR.

Penelitian perilaku sangat penting karena memberi cerminan kondisi biologis dari mahkluk hidup. "Memberikan kita banyak informasi mengenai kondisi kesehatan dan fungsi otak secara keseluruhan."

Kegiatan fisik juga perlu diamati untuk mengantisipasi apakah akan ada perubahan fisik pada mahkluk hidup yang tinggal di kondisi mikro gravitasi dalam waktu lama. Misal, apakah akan terjadi penyusutan tulang, sehingga menyulitkan aktivitas.
(eks)