Tips Otomotif

Singkirkan Noda Tinta Pemilu di Bodi Motor

ray, CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 16:40 WIB
Singkirkan Noda Tinta Pemilu di Bodi Motor Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu aktivitas warga setelah mencoblos Pemilu 2019 mereka memilih mengendarai motor untuk mengisi waktu libur selama satu hari merayakan pesta demokrasi yang digelar Rabu (17/4).

Tanpa disadari tinta di jari tangan sebagai tanda warga menggunakan hak suaranya menempel di bodi sepeda motor. Noda tinta yang tertinggal ini perlu dibersihkan guna menjaga penampilan motor.

Ada cara untuk menghilangkan nota tinta meski cairan tersebut dibuat menggunakan senyawa Perak Nitrat (AgNO3) yang tidak mudah dihilangkan dengan air, air sabun atau cairan yang mengandung klorin.


Pemilik motor tidak perlu khawatir noda tinta pemilu tidak bisa hilang dari bodi motor. Dengan menggunakan cairan khusus kita bisa mengerjakannya di rumah.

1. Kompon

Kompon terbuat dari St-77, Nonyl Phenol Ethoxylate 10/NP, St-15, Kaolin, asam oleat, parafin Oil dan pengawet. Krim ini cukup ampuh menghilangkan cat menempel di bodi kendaraan.

Caranya oleskan kompon pada bodi motor yang terkena noda tinta. Diamkan beberapa menit setelah itu lap menggunakan kain bersih untuk menghilangkan noda. Untuk diingat penggunaan kompon terlalu sering menyebabkan cat menipis.

2. Losion tubuh

Losion tubuh diakui bisa digunakan untuk menghilangkan sisa noda tinta ungu pada bodi motor. Oleskan losion pada bodi motor dan gosok dengan lap bersih hingga noda menghilang. Selain losion tubuh, losion antinyamuk juga dapat digunakan.

3. Alkohol

Jika tak punya aseton, alkohol bisa jadi pilihan berikutnya. Sama seperti saat menggunakan aseton, tuangkan alkohol di kapas dan gosok pada jari yang bertinta sampai sisa noda hilang. Bersihkan dengan air dan sabun untuk menghilangkan sisa alkohol di jari.

Caranya teteskan alkohol pada lap bersih dan gosok pada bodi motor yang terkena tinta ungu sampai sisa noda menghilang. (mik)