Tips Otomotif

Masalah Mobil Bila Sering Start Pakai Gigi 2

Febri Ardani, CNN Indonesia | Minggu, 21/04/2019 17:19 WIB
Masalah Mobil Bila Sering Start Pakai Gigi 2 Ilustrasi pengemudi mobil. (Foto: Jan Vasek/Jeshoots)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada satu kebiasaan yang kerap dilakukan pengemudi mobil transmisi manual, yaitu menggunakan gigi dua saat ingin start berkendara ketimbang pakai gigi satu. Apakah hal itu tidak berbahaya untuk dilakukan?

Dari banyak alasan kebiasaan memakai gigi dua, sebagian di antaranya yaitu pengemudi menginginkan proses start lebih halus karena torsi pada gigi satu dirasa terlalu besar. Selain itu ada juga pengemudi yang terlalu malas memasukkan gigi satu karena masa pakainya dirasa terlalu pendek.

Engineering Explained menjelaskan kebiasaan pakai gigi dua bisa berdampak buruk pada kampas kopling yang ujungnya memangkas masa pakainya. Pelat kopling merupakan komponen mobil yang umumnya diganti pada 80 ribu km, cenderung sulit dilakukan, serta mahal pengerjaannya.


Penjelasan

Flywheel (roda gila) yang berhubungan dengan putaran mesin dan kopling yang menyambung dengan transmisi dan roda adalah dua komponen sibuk setiap kali pengemudi mengganti gigi.

Pada saat mesin idle dan transmisi netral, kondisi flywheel berputar sesuai putaran mesin sementara kampas kopling belum menempel dan roda masih diam alias kecepatan mobil masih 0 km per jam.

Setelah masuk gigi satu, maka kampas kopling menempel dan mobil mulai berjalan. Pada situasi ini kampas kopling tidak selip pada flywheel dan tanpa digas mobil akan berjalan perlahan sekitar 10 km per jam.

Bila pengemudi memilih langsung gigi dua, kampas kopling cenderung selip atau bergesekan lebih lama pada flywheel. Hal itu dikarenakan pada gigi dua butuh kecepatan lebih tinggi, misalnya 15 km per jam, agar kampas kopling dan flywheel menempel sempurna.

Sebelum menempel sempurna, biasanya mobil akan terasa batuk-batuk atau seperti kehilangan nafas dan bisa menyulut mesin mati. Solusinya pengemudi bisa mulai menginjak pedal gas agar putaran mesin bertambah, namun hal ini juga tidak baik buat kampas kopling.

Terlalu lama punya kebiasaan menggunakan gigi dua buat menggerakkan mobil dari posisi diam disebut bakal memangkas usia pakai kopling. Kondisi yang direkomendasikan bila ingin menggunakan gigi dua dari posisi diam yakni ketika mobil berada dalam posisi turunan.

Tips buat pengemudi, selalu sabar menggunakan gigi satu lebih dulu saat mulai berkendara. Bila keputusannya harus menggunakan gigi dua, jaga agar putaran mesin tetap rendah biar mengurangi gerakan flywheel yang terlalu melukai kopling.

[Gambas:Youtube] (fea)


BACA JUGA