Snap Akhirnya Berhasil Tambah Pengguna Lagi

eks, CNN Indonesia | Kamis, 25/04/2019 08:00 WIB
Snap Akhirnya Berhasil Tambah Pengguna Lagi Ilustrasi (Eric Thayer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Snap berhasil meningkatkan pengguna Snapchat setelah mengeluarkan pertunjukan orisinal dan membangun kembali aplikasi Android mereka.

Snap mengumumkan bahwa pengguna aktif harian Snapchat naik 190 juta pada kuartal pertama dari 186 juta dari periode sebelumnya. Tapi, angka ini masih lebih sedikit dari pengguna mereka pada awal tahun lalu sebesar 191 juta.

Angka pengguna Snapchat terus diperhatikan oleh investor dan pengiklan. Namun, perusahaan itu berhasil mematahkan perkiraan data IBES dari analis Refinitiv, kalau pengguna aktif harian sosial media itu ada di angka 187,2 juta.


Ini adalah kali pertama pengguna Snapchat meningkat dalam tiga kuartal terakhir. Tapi, penambahan ini tidak cukup untuk mendongkrak harga saham Snap lebih jauh. Sebab, sebelumnya saham perusahaan ini sempat turun drastis.

Tahun lalu, para eksekutif Snap berbondong-bondong meninggalkan peruashaan ketika Snapchat melakukan perubahan desain besar-besaran. Snapchat saat ini tengah berjuang untuk mendapatkan kembali pengguna dengan melakukan berbagai fitur baru dan mengubah model bisnis mereka.

Sementara, perusahaan media sosial lain yang lebih besar tengah berkutat dengan masalah privasi dan skandal lain yang mengganggu saingan yang lebih besar seperti Facebook Inc.

"Kami melihat banyak peluang untuk meningkatkan investasi kami, dan kami akan terus mengelola bisnis kami untuk pertumbuhan jangka panjang," kata CEO Snapchat Evan Spiegel dalam paparannya kepada para analis, seperti dikutip Reuters.

Pendapatan keseluruhan Snap melonjak hampir 40 persen pada kuartal tersebut dari tahun sebelumnya karena Snap mampu memeras lebih banyak pendapatan iklan dari setiap pengguna.

Tetapi Snap tidak memberikan panduan khusus tentang pertumbuhan pengguna di masa depan, dan memperingatkan bahwa tingkat pertumbuhan pengguna cenderung lebih tinggi pada kuartal pertama dibandingkan kuartal kedua. (eks/eks)