Komentar Anies Setelah Jajal Bus Listrik

jo, CNN Indonesia | Senin, 29/04/2019 13:33 WIB
Komentar Anies Setelah Jajal Bus Listrik Bus listrik buatan BYD diuji di Jakarta, Senin (29/4) (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan hari ini Senin (29/4) menjajal bus listrik. Selayaknya masyarakat umum, Anies terlihat berdiri saat menjajal satu bus listrik buatan produsen asal China, BYD.

Pengujian yang dilakukan oleh PT Transjakarta diikuti oleh dua bus listrik dan satu mini bus listrik. Satu bus listrik dan satu minibus diproduksi oleh BYD. Satu bus listrik lainnya diproduksi oleh Mobil Anak Bangsa (MAB).

Didampingi oleh Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono dan Presiden Direktur MAB Leonard, Anies menikmati senyapnya mesin tanpa buangan bebas emisi ini.


Anies melewati memulai perjalanan di Balai Kota di Jalan Merdeka Selatan, rombongan berbelok kiri di Pancuran Thamrin menuju ke arah Jalan MH. Thamrin kemudian kembali lagi ke Bali Kota.

Seusai menjajal bus tersebut, Anies bersyukur bisa menjadi penumpang bus listrik tanpa kendala.

"Alhamdulillah pagi ini kami melakukan uji coba 3 bus pertama yang menggunakan tenaga listrik. Ini adalah hari bersejarah bagi Ibu Kota DKI Jakarta karena hari ini bis listrik secara operasional akan mulai ada di jalan-jalan," ujar Anies acara pra-uji coba bus listrik.

Anies kemudian membagikan impresi ketika dirinya menjajal bus listrik. Ia mengatakan kabin penumpang bus listrik sangat senyap ketika membelah jalan ibu kota.

"Tidak ada suara itu terasa sekali. kedua kita berada di dalam sambil merasa bersyukur bahwa kendaraan ini tidak mengeluarkan asap. Jadi tidak mengeluarkan efek pada kualitas udara sesuatu yang insya Allah akan dirasakan oleh seluruh warga Jakarta," kata Anies.

Anies berharap dengan menggunakan bus listrik bebas emisi ini, dampak negatif terhadap lingkungan berkurang.

"Hari ini kita meminjam sumber daya dari generasi masa depan. Kualitas udara kita disini sangat buruk dan Ini membutuhkan perubahan yang drastis," ujar Anies.

Anier berharap bus listrik bisa mulai beroperasi pada pertengahan 2019. Dalam jangka waktu dekat bus listrik akan digunakan sebagai bus ekshibisi di sekitar Monas. Dari sisi pengadaan bus, Anies berharap kuantitas bus juga meningkat.

[Gambas:Video CNN]

(jnp/mik)