Cara Sewa Skuter Listrik GrabWheels

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 17:35 WIB
Cara Sewa Skuter Listrik GrabWheels GrabWheels (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab baru saja meluncurkan proyek uji coba layanan skuter listrik GrabWheels di Indonesia. Layanan ini merupakan layanan penyewaan skuter listrik menggunakan aplikasi.

Uji coba baru dilakukan di area BSD City, Tangerang Selatan dan bisa dinikmati secara gratis hingga pertengahan 2019.

Head of Demand Growth Grab Kunal Gupta mengatakan pengguna bisa menggunakan layanan ini dengan mengunduh aplikasi GrabWheels yang terpisah namun terintegrasi dengan aplikasi Grab. Aplikasi dapat diunduh bagi pengguna Android dan Apple.


Kemudian usai melakukan log in, pengguna akan mendapatkan tampilan peta yang menunjukkan tempat parkir skuter terdekat dan jumlah skuter yang tersedia di tempat parkir itu.

"Main interface di map bisa terlihat skuternya ada di mana saja. Ketika klik salah satu ikon skuter, kita bisa tahu lokasi skuter ada di mana" kata Gupta dalam peluncuran proyek uji coba GrabWheels di BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (9/5).

Cara Sewa Skuter Listrik GrabWheelsAplikasi akan memberitahu dimana letak GrabWheels yang bisa disewa (Screenshot via Aplikasi Grab)


Pengguna kemudian bisa langsung memindai QR code yang berada di stang kemudi melalui aplikasi. Setelah melakukan pemindaian, aplikasi akan menunjukkan jarak tempuh yang berdasarkan persentase baterai.

"Jadi dari aplikasi kelihatan daya skuternya masih sisa berapa persen baterainya. Kuat berapa kilometer," kata Gupta.

Cara Sewa Skuter Listrik GrabWheelsAplikasi akan memberitahu jarak tempuh yang bisa dilakukan dengan skuter yang dipilih (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)


Setelah itu, pengguna memilih tombol 'unlock' untuk membuka kunci skuter. Bagi yang pertama kali menggunakan ada beberapa pedoman penggunaan skuter listrik.

Skuter kemudian akan berbunyi yang menandakan bahwa skuter telah aktif dan dapat digunakan. Kemudian pengguna bisa menggunakan skuter tersebut.

Untuk menggunakan skuter listrik, pengguna harus memposisikan satu kaki menghadap ke depan dan satu kaki di belakang di atas pad skuter. Satu kaki di belakang dipersiapkan untuk menekan rem yang berada di belakang skuter.

Untuk menjalankannya, pengguna terlebih harus mendorong skuter listrik. Satu kaki berada di atas pad, kemudian satu kaki mendorong skuter. Kaki yang mendorong skuter harus langsung naik ke atas skuter agar seimbang.

Cara Sewa Skuter Listrik GrabWheelsCara penggunaan tertera di setang skuter (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)

Tuas gas nya juga cukup unik. Pengguna harus menekan bukan memutar tuas selayaknya motor pada umumnya. Pada stang kemudi ada juga tuas rem depan.

Cara Sewa Skuter Listrik GrabWheelsUntuk menjalankan skuter, pengguna perlu menekan tuas dan menekan rem untuk menghentikannya. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)


Untuk pengembalian skuter, pengguna bisa mengembalikannya ke tempat parkir mana pun. Setelah memarkirkan skuter, pengguna harus memindai QR code di tempat parkir untuk menyelesakan penyewaan.

Cara Sewa Skuter Listrik GrabWheelsPindai QRcode pada lokasi skuter diparkir ketika selesai menggunakan (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
(jnp/eks)