Bisnis Mobil Bekas Jelang Lebaran Kena Efek Tol Trans Jawa

fea, CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 12:40 WIB
Bisnis Mobil Bekas Jelang Lebaran Kena Efek Tol Trans Jawa Ilustrasi mobil bekas. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu pemain besar mobil bekas (mobkas) di dalam negeri, Mobil88, berharap penjualan pada momen Lebaran tahun ini bakal meningkat sampai setidaknya 20 persen. Kebutuhan mudik dan kemudahan akses Trans Jawa dirasa menjadi faktor pendukung.

Presiden Direktur Mobil88, Halomoan Fischer, menjelaskan, Lebaran merupakan salah satu tempo penjualan mobkas mencapai puncaknya selain akhir tahun. Tren kenaikan tahun ini dirasa akan sama seperti sebelumnya.

"Jadi harapannya gini sebenarnya, kalau tahun-tahun lalu, naiknya 15 persen. Ya harapannya dengan tol (Trans Jawa) sudah dibuka, animo orang naik, ya mungkin bisa di atas 15 persen sih naiknya. Kalau ngomong target paling 20 persen kita kenaikannya dibandingkan bulan-bulan normal," kata Fischer saat ditemui di Jakarta, Kamis (9/5).


Pada tahun lalu Fischer mengatakan Mobil88 menjual 20 ribu unit yang berarti sekitar 1.600 unit per bulan. Pada empat bulan pertama pada tahun ini penjualan Mobil88 dikatakan mencapai 1.400-an unit.

Selama Januari-April, penjualan Mobil88 bisa dikatakan sesuai jalur. Hajatan besar Indonesia, Pemilihan Umum (Pemilu) yang sudah dilakukan pada 17 April 2019, disebut tidak terlalu mempengaruhi performa divisi bisnis mobil bekas Serasi Auto Raya, yang merupakan anak perusahaan Astra International ini.

"Kalau kita sih melihatnya efek Pemilu, kebanyakan pengamat, kebanyakan ahli ekonomi, bilangnya 'wait and see'. Sebenarnya praktisi bisnis juga bingung apa yang di-'wait', apa yang di-'see'? Kalau orang mau beli mobil ya beli saja. Sebenarnya siapapun presidennya kan pasti beli mobil ya," kata Fischer.

Fischer bilang pasar mobil bekas nasional kemungkinan turun pada Januari-April. Meski begitu, Mobil88 dikatakan bisa bertahan karena bagian dari Astra International.

"Mobil88 tertolong kita punya brand, terus juga kita punya partnership untuk cari mobil, dengan saudara-saudara kita di Astra Group, ada Auto2000, DSO (Daihatsu Sales Operation), artinya pada saat cari mobil kita punya peluang," kata Fischer.

Pada tahun ini Mobil88 menargetkan penjualan meningkat menjadi sekitar 23 ribu unit. Peningkatan itu sebesar 15 persen dibanding hasil 2018. (fea/mik)