GIIAS 2019

Pameran Otomotif GIIAS 2019 Tanpa Merek Lokal

ryh, CNN Indonesia | Rabu, 15/05/2019 09:20 WIB
Pameran Otomotif GIIAS 2019 Tanpa Merek Lokal Suasana hari pertama pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang (2/8). (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) yang bakal berlangsung pada Juli dipastikan akan menjadi ajang 'pamer' untuk puluhan merek otomotif dari berbagai negara. Walau begitu, beda dari penyelenggaraan sebelumnya, GIIAS 2019 tidak diikuti merek lokal.

Per 14 Mei 2019, tercatat 25 merek mobil penumpang dan komersial terkonfirmasi akan melantai, yaitu Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Sedangkan eksibitor merek kendaraan komersial yaitu FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.


Selanjutnya, merek sepeda motor yang sudah terdaftar adalah Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Dari sekian merek yang siap tampil, tidak ada satupun merek lokal. Menyikapi hal tersebut, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi tidak ingin berkomentar banyak.

Nangoi berpendapa sampai sekarang tidak ada merek lokal yang berpartisipasi pada pamerannya itu.

"Ya mereka (merek lokal) tidak join," kata Nangoi di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/5).

Seperti diketahui beberapa merek lokal Tanah Air sudah mulai muncul ke permukaan. Sebut saja Gesits yang terfokus pada produk motor bertenaga listrik.

Namun bagi Nangoi, Gesits bukan produk yang pas ikut GIIAS.

"Kalao Gesits sepeda motor, kan target kami memang bukan ke arah sana," ungkap Nangoi.

Nangoi juga menilai merek lokal lainnya seperti Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMdes) atau Komodo juga bukan merek yang cocok melantai di pamerannya tersebut.

"AMMdes itu bukan mobil loh, itu angkutan. Karena kalau saya masukin ke mobil, ntar persaratannya tidak cocok," ungkap dia.

GIIAS 2019 diketahui bakal berlangsung pada 18-28 Juli 2019 di ICE BSD, Tangerang. Acara kali ini merupakan lanjutan seri GIIAS Surabaya pada April 2019.

GIIAS 2019 mengusung tema 'Future in Motion', yang diartikan sebagai sebuah gerakan pengaruh teknologi pada kendaraan listrik, otonom, dan digital. Menurut Nangoi GIIAS 2019 bakal menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif melalui beragam program sepanjang penyelenggaraan pameran.

"Gaikindo fokus menjadikan GIIAS ajang yang menginspirasi publik dengan kehadiran teknologi otomotif dan transformasi terkininya menuju masa depan." ungkap Nangoi. (ryh/fea)