SpaceX Bangun Starship Baru di Florida

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 15/05/2019 15:45 WIB
SpaceX Bangun Starship Baru di Florida Ilustrasi. (REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rangkaian foto kendaraan Starship diunggah ke dalam forum NASASpaceflight.com. Foto tersebut menunjukkan SpaceX sedang membangun Starship di Florida.

Dilansir dari Endgadget, pembangunan starship tersebut dikabarkan akan digunakan bersama dengan prototipe yang dibangun di Texas. Menanggapi foto yang beredar tersebut, Elon Musk membenarkan SpaceX sedang membangun Starship di Boca Chica Texas dan Cape Canaveral Florida secara bersamaan.

Dia mengatakan rencananya adalah untuk mencari tahu lokasi mana yang paling efektif. Endgadget mengungkap jika SpaceX membangun starship di dua lokasi berbeda untuk menerbangkan orang ke bulan secepatnya. Mereka menilai ide tersebut tepat.

Hingga saat ini, peluncuran SpaceX berikutnya dijadwalkan besok dengan peluncurkan 60 satelit internet Starlink pada roket Falcon 9.


Nantinya, jika proyek ini berjalan akan ada sebuah jaringan dengan 12.000 satelit terbang di orbit Bumi yang rendah, mengirimkan konektivitas Internet ke mana saja di Bumi.

Beberapa mungkin menyebut proyek tersebut bernama Skynet tetapi Musk dan SpaceX menyebutnya inisiatif Starlink. FCC telah memberikan persetujuannya asalkan perusahaan dapat meluncurkan setengah dari jumlah itu dalam enam tahun ke depan.

SpaceX berencana untuk meluncurkan satelit dalam dua kelompok, satu dengan 4.409 satelit dan yang lain dengan 7.518 satelit.

Sejauh ini, ia hanya meluncurkan 2 satelit uji, TinTin A dan TinTin B. Ini akan menjadi batch terbesar. Dia memperkirakan bahwa mereka perlu meluncurkan 6 set lebih dari 60 satelit untuk cakupan kecil. (age)