Tips Otomotif

Bikin Kabin Mobil Nyaman Dikendarai saat Puasa

CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 17:11 WIB
Bikin Kabin Mobil Nyaman Dikendarai saat Puasa Interior mobil harus dijaga kebersihannya. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suasana interior mobil yang nyaman menjadi dambaan banyak orang. Apapun jenis mobilnya, kabin yang terawat dan bersih dapat menambah kenyamanan saat berkendara.

Suasana seperti itu harus dijaga apalagi kita mengemudikan mobil milik sendiri. Percaya atau tidak, interior nyaman akan memberi efek positif bagi penghuninya.

Beberapa orang tentu ada yang belum paham bila kabin penumpang yang terawat akan menciptakan kesegaran, dan suasana kabin mobil seperti itu akan menambahkan aura positif bagi pengemudi yang menjalani ibadah puasa.


Untuk menciptakan interior mobil yang nyaman, ada beberapa ritual yang harus di jalan. Berikut tipsnya:

Vacuum jok

Jok menjadi sarang debu jika tidak diperhatikan kebersihannya. Apalagi jok berbahan fabric yang memang mudah tertempel debu.

Cara ampuh membersihkan jok dengan vacuum cleaner. Alat penyedot bisa membantu kita untuk memastikan seisi kabin terutama jok dan sela-selanya bebas debu. Kebersihan jok sekaligus menjaga kualitas udara.

Cuci karpet mobil

Karpet sebaiknya sering dibersihkan karena banyak kotoran di sana. Biasanya kotoran menempel akibat terbawa alas kaki pengguna mobil.

Karpet mobil bisa kita bersihkan sendiri dengan mencucinya menggunakan air dan sabun. Jika sudah bersih keringkan sejenak, baru sesudahnya bisa digunakan kembali.

Pakai pewangi

Menggunakan pewangi ruangan yang banyak dijual di toko membuat kabin terasa berbeda. Simpan pewangi sesuai selera sehingga kabin menjadi lebih harum dan membuat kita betah berlama-lama di dalamnya.

Wewangian tersebut biasanya diletakkan di muka pendingin ruangan agar baunya ikut tersembur hingga ke penumpang belakang.

Nyalakan AC dan audio

Pendingin udara menjadi faktor kenyamanan saat berkendara. Pastikan kemampuan pendingin tidak menurun. Kabin yang sejuk tentu meningkatkan semangat pemilik yang menjalankan ibadah puasa.

Selain itu biarkan sistem audio bekerja menemani kita selama perjalanan. Lagu yang berasal dari sistem hiburan dipercaya akan mengusir kejenuhan saat berkendara. Audio juga penting untuk mencegah kantuk saat mengemudi sembari puasa. (ryh/mik)


BACA JUGA