Susul Filipina, Masalah Mesin Xpander Juga Terjadi di Vietnam

ray, CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 15:47 WIB
Susul Filipina, Masalah Mesin Xpander Juga Terjadi di Vietnam Mitsubishi Xpander yang diproduksi di Indonesia diekspor ke Filipina dan Vietnam. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Eksistensi Mitsubishi Xpander kembali dipertanyakan. Setelah kasus mesin Xpander mati mendadak yang dikeluhkan konsumen di Filipina, kini muncul kasus yang serupa di Vietnam.

Seperti diketahui Xpander produksi Indonesia telah diekspor ke Filipina dan Vietnam, kegiatan ekspor ke dua negara tersebut dari Indonesia dimulai akhir tahun lalu.

Kabar mengenai masalah mesin Xpander itu menjadi viral. Seperti dilansir Zing.vn, Senin (20/5), seorang pemilik mobil mengatakan bahwa Mitsubishi Xpander miliknya mengalami masalah mesin mati mendadak. Saat itu mobilnya baru menempuh 9.022 km perjalanan.


Mitsubishi Vietnam mengatakan telah melaporkan situasi ini ke perusahaan induk Mitsubishi Motors Corporation untuk dilakukan inspeksi teknis dan evaluasi resmi.

Sebelumnya masalah mesin Xpander yang tiba-tiba mati mendadak terjadi di Filipina. Konsumen di sana mengeluhkan mesin mobil mati mendadak saat mobil bergerak pada kecepatan 60 km per jam.

Dari hasil penelusuran, hal tersebut karena pompa bahan bakar Xpander mengalami kerusakan. Komponen yang rusak meliputi Xpander gelombang pertama pengiriman ke Filipina pada tahun lalu. Mitsubishi Filipina juga sudah buka suara terkait masalah itu.

"Kami sangat menyesalkan ketidaknyamanan oleh masalah teknis Xpander. Kami mulai menerima keluhan mengenai masalah pompa bahan bakar sekitar April," kata perwakilan Mitsubishi Filipina mengutip Autoindustriya, Kamis (16/5).

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang mengekspor produk Xpander sudah berkomentar terkait keluhan konsumen Xpander tersebut.

Director of Sales & Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan bahwa pihaknya siap melakukan kampanye perbaikan atau recall jika mobil terbukti cacat produksi.

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) dan Mitsubishi Indonesia masih melakukan penyelidikan terkait kerusakan Xpander di Filipina, dan diprediksi akan melakukan penyelidikan serupa di Vietnam setelah kabar terbaru tentang keluhan konsumen Xpander.

Irwan menambahkan saat ini investigasi masih berjalan dan jika penyelidikan selesai, Mitsubishi akan segera membuat keputusan untuk me-recall Xpander atau tidak untuk pasar Filipina.

"Jadi yang penting masalah ketemu dulu dan solusinya apa. Apa nantinya kampanye atau apa, ya tunggu dulu," ucap Irwan. (ryh/mik)