Mazda MX-5 Edisi Khusus Mau Dijual di Indonesia, Cuma 2 Unit

fea, CNN Indonesia | Selasa, 21/05/2019 10:57 WIB
Mazda MX-5 Edisi Khusus Mau Dijual di Indonesia, Cuma 2 Unit Mazda MX-5 30th Anniversary Edition hanya diproduksi 3 ribu unit untuk seluruh dunia, dua unit di antaranya jatah Indonesia. (Foto: Mazda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Eurokars Motors Indonesia berencana meluncurkan tiga model baru Mazda sepanjang sisa tahun ini, salah satunya merupakan edisi terbatas yang bisa jadi incaran kolektor. Model yang dimaksud adalah MX-5 30th Anniversary Edition.

"Ya akhir tahun lah," kata Presiden Direktur Eurokars Motors Indonesia Roy Arman Arfandy di Jakarta, Senin (20/5).

MX-5 Miata 30th Anniversary Edition merupakan model spesial untuk merayakan tiga dekade usia model roadster 2-pintu ini sejak generasi pertama meluncur pada 1989. Sejak saat itu MX-5 sudah terjual lebih dari 1 juta unit di seluruh dunia.


Edisi khusus ini hanya tersedia satu pilihan warna 'racing orange' yang pasti tampil mencolok di jalanan atau saat berada di tengah kumpulan MX-5 standar. Bukan hanya cat eksterior yang pakai warna itu, tetapi juga ada pada kaliper rem, jok, trim pintu, dasbor, dan gagang transmisi.

Selain soal estetika, Mazda MX-5 Miata 30th Anniversary Edition juga dibekali berbagai produk kompetisi merek aftermarket, yaitu jok Recaro, damper Bilstein (khusus transmisi manual), kaliper rem depan Brembo, kaliper rem belakang Nissin, sistem audio Bose plus sembilan speaker, dan pelapis Alcantara.

Mazda MX-5 Miata 30th Anniversary Edition sudah mendebut di Chicago Auto Show pada 7 - 18 Februari. Hanya 3 ribu unit yang akan diproduksi, termasuk versi soft top dan hard top.

Di Amerika Serikat (AS), mobil ini jadi hits. Awalnya hanya 500 unit yang disediakan buat AS, namun belakangan ditambah 143 unit karena banyaknya permintaan.

Roy mengatakan jatah dari prinsipal buat konsumen Indonesia hanya dua unit. Menurut dia promosi buat mobil ini tidak terlalu diperlukan mengingat jumlahnya yang sangat minim. Meski begitu dia mengakui akan sulit memilih konsumen yang pas buat calon model langka ini. 

Menurut Roy lagi, harga Mazda MX-5 30th Anniversary Edition di Indonesia belum bisa dipastikan pada saat ini. Namun dia menyebut 'beda tipis' dari MX-5 standar yang dijual Rp817,3 juta.

Di pasaran, MX-5 30th Anniversary Edition bisa jadi pesaing Honda Civic Type R yang saat pertama kali dijual di dalam negeri pada 2017 banderolnya nyaris Rp1 miliar.  (fea/fea)