Cara Kerja VPN dalam Jaringan Seluler

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 14:46 WIB
Cara Kerja VPN dalam Jaringan Seluler Ilustrasi. (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobile Virtual Private Network atau VPN bak 'naik daun' karena pembatasan fitur media sosial yang dilakukan oleh pemerintah. Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengungkap cara kerja VPN dalam jaringan seluler.

Menyoal cara kerja VPN seluler, pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengungkapkan bahwa cara kerja VPN mirip dengan Proxy.

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang memakai layanan VPN akibat layanan komunikasi WhatsApp dibatasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), maka dari itu Alfon menyarankan kepada pengguna untuk hati-hati memilih VPN.


"Sebenarnya kalau pakai VPN lebih kurang mirip seperti pakai proxy, selama ini WhatsApp langsung dari Indonesia ke server [pusat] WhatsApp," kata Alfons saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (22/5) malam.
"Jadi pakai VPN cara kerjanya menghubungkan diri ke server di luar Indonesia, dari server itu baru terhubung. Prinsipnya kerjanya sama seperti proxy, server apapun yang lewat proxy bisa dilihat oleh pemilik proxy jadi harus hati-hati memilih VPN."

Sementara itu, dilansir dari Tech Advisor, ketika pengguna mengaktifkan koneksi pada aplikasi VPN maka VPN bakal menggunakan server tercepat yang tersedia. Biasanya pengguna juga dapat memilih lokasi server secara manual, misal pengguna dapat memilih server yang tidak sesuai dengan negara mereka.

Server negara apapun yang dipilih pengguna, koneksi internet akan langsung dialihkan melalui ISP (penyedia layanan internet). Lalu alamat ISP pengguna diganti dengan alamat baru, artinya server akan mengikuti alamat yang baru itu. (din/age)