5 Cara Aman Tinggalkan Mobil saat Mudik

ray, CNN Indonesia | Senin, 27/05/2019 17:17 WIB
5 Cara Aman Tinggalkan Mobil saat Mudik Ada ritual khusus saat meninggalkan mobil di rumah dalam waktu lama. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim libur panjang menyambut Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata bagi sebagian masyarakat Indonesia. Momen sekali dalam setahun ini akan dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi keluarga di kampung halaman.

Ada yang memilih menggunakan mobil pribadi, ada pula yang memilih untuk menggunakan pesawat terbang atau kereta. Bagi pemudik yang memutuskan menggunakan transportasi umum, praktis akan meninggalkan kendaraan pribadi di rumah.

Meninggalkan mobil kesayangan di rumah saat mudik ada ritual khusus yang wajib dilakukan agar mobil bisa digunakan setelah selesai berlibur. Beberapa langkah ini tentunya mengalami kerugian materi. Berikut ulasan CNNIndonesia.com.


1. Cabut baterai

Tujuan melakukan ini untuk menjaga daya listrik dalam baterai. Melepas terminal baterai agar membuat listrik tak mengalir dan terbuang percuma. Langkah tersebut tidak disarankan diterapkan pada mobil modern yang sistemnya bergantung pada listrik.

Sebab jika melepas kabel baterai aki bisa menyebabkan malfungsi untuk beberapa bagian, bahkan bisa mereset jam, spidometer dan lain. Karena itu pastikan baterai mobil modern lebih dalam kondisi baik sebelum mobil ditanggal mudik.

2. Jangan tinggal tangki bensin kosong

Langkah ini untuk meminimalisir terjadinya kondensasi atau pengembunan akibat adanya ruang udara di dalam tangki karena minim bahan bakar. Proses pengembunan ini bisa menyebabkan karat pada tangki bahan bakar. Karat bisa menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna bahkan potensi membuat mesin mobil mogok.

3. Jangan aktifkan rem parkir

Untuk menahan mobil dalam waktu lama berhari-hari sebaiknya menggunakan pengganjal roda. Rem parkir yang aktif dalam waktu lama berpotensi membuat rem menjadi lengket dan roda tak bisa bergerak. Hal tersebut kerap terjadi pada rem-rem jenis drum atau tromol.

4. Cuci mobil dan pakai pewangi

Cuci mobil terlebih dahulu sebelum ditinggal berhari-hari. Membersihkan mobil untuk menghindari munculnya jamur pada bodi dan kaca. Pastikan interior mobil dalam kondisi bersih.

Setelah itu gunakan pewangi interior, sebab mobil yang tidak digunakan dan ditinggal dalam waktu lama akan menimbulkan bau tak sedan di interior. Karena itu letakkan pewangi atau anti-lembab khusus kabin mobil.

5. Gunakan sarung mobil

Setelah empat poin terpenuhi, sebaiknya simpan mobil Anda dalam kondisi tertutup menggunakan sarung mobil. Sarung mobil justru untuk melindungi bodi mobil dari debu. Penggunaan sarung mobil juga disarankan untuk mobil yang terparkir berhari-hari di bawah terik matahari. (mik)