Tips Otomotif

6 Poin Pengecekan Mobil Pasca Mudik Lebaran

mik, CNN Indonesia | Senin, 10/06/2019 12:45 WIB
6 Poin Pengecekan Mobil Pasca Mudik Lebaran Pemilik mobil pribadi wajib melakukan pengecekan tekanan udara pada ban. (Foto: Istockphoto/Deagreez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriah berakhir. Sebagian masyarakat yang menjalani aktivitas mudik telah kembali ke rumah.

Bagi pemudik dengan kendaraan pribadi tentu butuh perawatan setelah menempuh perjalanan sejauh ratusan hingga ribuan kilometer saat mudik. Mobil butuh perawatan khusus agar kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Ada enam tips ringan pengecekan yang bisa dilakukan di rumah, jika pemilik mobil belum sempat membawa kendaraan ke bengkel. Berikut tipsnya:


1. Cek radiator

Wajib melakukan pengecekan air radiator sebelum mesin dihidupkan kembali. Jika di bawah level minimum, tambahkan air sampai dengan batas level maksimum.

2. Cek oli mesin

Periksa isi pelumas melalui deep stick. Bila kurang jumlahnya, ada baiknya lakukan penambahan dengan spesifikasi pelumas yang sama.

3. Cek minyak rem

Cek kuantitas minyak rem di tabung master rem. Jika berkurang, tambahkan sampai batas level maksimum. Perlu di perhatikan bila terlihat jumlahnya berkurang sangat banyak, biasanya terjadi kebocoran. Segera ke bengkel terpercaya untuk fungsi rem tidak berkurang.

4. Cek kondisi baterai

Cek volume air baterai untuk tipe aki basah. Jika air aki kurang sampai di bawah batas minimal segera isi tambahkan air aki.

5. Cek sistem penerangan

Sistem penerangan menjadi komponen vital kendaraan. Cek mulai lampu depan, sein dan rem. Pastikan semua bekerja dengan baik.

6. Cek tekanan udara pada ban.

Pemilik mobil pribadi wajib memiliki pengukur tekanan ban digital. Gunakan alat tersebut di rumah untuk mengetahui tekanan udara pada ban setiap saat. Jika tekanan udara ban berkurang, ada baiknya melakukan pengisian udara ban sesuai rekomendasi pabrikan.

Tekanan udara pada ban bisa melihat pada stiker yang terdapat pilar belakang pintu depan kanan kendaraan atau pada buku pedoman pemilik kendaraan berdasarkan keterangan resmi Garda Oto.

[Gambas:Video CNN] (mik)