1 dari 10 Orang Ganti Pekerjaan Setelah Lebaran

CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 11:42 WIB
1 dari 10 Orang Ganti Pekerjaan Setelah Lebaran Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyedia layanan situs pencari kerja, LinkedIn merilis hasil riset yang menunjukkan bahwa 1 dari 10 pekerja Indonesia berganti pekerjaan baru setelah hari Raya Idul Fitri. Angka ini berdasarkan data LinkedIn tiap Ramadhan selama 5 tahun belakangan (2014-2018).

Data LinkedIn menunjukan angka tertinggi perpindahan kerja terjadi di bulan Agustus sebesar 9 persen pada 2014, 2015, 2017, dan 2018. Angka ini bertambah jadi 10 persen pada Agustus 2016.

1 dari 10 Pekerja Cari Pekerjaan Baru Setelah LebaranData perpindahan pekerja setelah Idul Fitri (via LinkedIn)
"Dengan besarnya angka perpindahan tenaga kerja di Idul Fitri dan lebih banyak lagi lapangan kerja yang terbuka, banyak perusahaan mengambil langkah untuk berfokus pada pengembangan karyawan dan menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga untuk dapat menarik tenaga kerja unggulan," tulis Head of Brand Marketing dan Communication South Asia and North Asia LinkedIn, Linda Lee dikutip dari rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (13/6).


Selain itu, Linda dan tim juga mencatat dua dari tiga karyawan bakal meninggalkan perusahaan jika mereka merasa tidak diapresiasi dan 87 persen perusahaan hanya berfokus pada masa kerja karyawan itu.

LinkedIn menilai jika karyawan merasa dihargai oleh perusahaan yang menaungi mereka, maka peluang untuk mengembangkan karir serta adanya fasilitas yang mendukung dapat memberikan dampak positif bagi para karyawan agar bekerja dalam waktu lama dan memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

"Selain memberikan fasilitas terbaik untuk karyawannya, sebagian perusahaan di Indonesia juga turut membuka peluang kerja baru melalui LinkedIn Jobs seperti Space Management, Knowledge Management Associate, Driver Strategy Manager," jelas Linda.

LinkedIn juga menilai bahwa peluang kerja banyak tersedia saat masa Ramadan dan usai hari Raya Idul Fitri. Oleh sebab itu, para pencari kerja dihimbau untuk memperbaiki isi dari profil riwayat pekerjaan dan kemampuan mereka.

"Terdapat beberapa hal yang patut untuk diperhatikan dalam menggunakan jejaring profesional salah satunya, temukan nilai kemampuan sebelum memilih pekerjaan lalu cari tahu seberapa besar kemampuan dan minat yang dimiliki saat bekerja," pungkas Linda. (din/eks)