Edukasi dan Fitur

Sejarah Dongkrak Mobil Terinspirasi Bangku Cukur Rambut

fea, CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 20:25 WIB
Sejarah Dongkrak Mobil Terinspirasi Bangku Cukur Rambut Dongkrak hidrolis (floor jack). (Foto: Istockphoto/ma1962)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu perkakas penting yang wajib dibawa dalam mobil, dongkrak, merupakan alat mekanis yang bisa jadi tanpa disadari mengandung ilmu pengetahuan. Dongkrak adalah alat yang mengadopsi prinsip dasar Pascal tentang tekanan cairan dalam ruang tertutup sama besarnya ke segala arah.

Automotivetrainingcentre.com menjelaskan, prinsip Pascal, yang pertama kali diperkenalkan oleh ahli matematika Blaise Pascal pada abad ke-17 merupakan cikal bakal dongkrak. Lantas pada 1975, insinyur dari Inggris, Joseph Bramah, mematenkan alat tekan hidrolis pertama yang kemudian mendasari berbagai kegiatan industri.


Sejarah Dongkrak Mobil Terinspirasi Bangku Cukur Rambut Dongkrak hidrolis model piston. (Foto: Istockphoto/Blackbox2522)
Selain dua penemuan itu, dongkrak juga dilatarbelakangi Richard Dudgeon yang menemukan alat pengangkat yang dinamakan 'alat tekan hidrolis portabel' pada 1851.


Seiring perkembangan mobil yang semakin modern, kegiatan servis juga mengikuti zaman. Dulu mekanik perlu menggali lubang besar di lantai hanya untuk menjangkau bagian bawah mobil yang perlu diperbaiki.

Hal itu dinilai mahal dan tidak efisien sampai akhirnya dongkrak hidrolis untuk mobil pertama kali dipatenkan pada 1925 oleh Peter Lunati. Ternyata ide Lunati datang dari bangku barber (cukur rambut) yang dianggapnya mudah naik turun.

Penemuan Lunati yang dinamakan Rotary Lift hingga sekarang masih dijual. Setelah dongkrak hidrolis ditemukan, pada 1989 dongkrak gunting (scissor Jack) yang tidak mengandalkan hidrolis namun sistem mekanis, dipatenkan.


Sejarah Dongkrak Mobil Terinspirasi Bangku Cukur Rambut Scissor car jack alias dongkrak gunting. (Foto: Istockphoto/Kinek00)
Saat ini ada banyak jenis dongkrak yang tersedia di pasaran, di antaranya floor jack dan piston jack. Masing-masing jenis dongkrak punya kemampuan angkat berbeda-beda yang sanggup mengangkat mobil kota hingga truk kontainer.

Dongkrak penting untuk selalu dibawa saat berkendara sebab fungsinya digunakan sebagai alat utama untuk mengangkat mobil ketika ingin mengganti ban yang bocor atau memeriksa kerusakan di kolong mobil. (fea)


BACA JUGA