Merakyat, Jokowi Disebut Lebih Cocok Naik Mobil Kijang

ray, CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 13:55 WIB
Merakyat, Jokowi Disebut Lebih Cocok Naik Mobil Kijang Foto: Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) tengah membuka tender mobil kepresidenan untuk mobil dinas presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Sejauh ini baru dua merek mobil Eropa yang tertarik ikut serta, yaitu BMW dan Mercedes-Benz.

Belum ada brand lain yang ikut dalam tender tersebut, meski ada beberapa merek yang diyakini mampu menyediakan mobil untuk presiden dengan kenyamanan tingkat tinggi, salah satunya Lexus.

Namun perwakilan Lexus di Indonesia justru tidak bisa memenuhi tantangan tersebut karena memiliki keterbatasan untuk tender mobil kepresidenan.


Kendati demikian, General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan bahwa perusahaannya tetap menyediakan kendaraan terbaik untuk seluruh konsumen mobil-mobil mewah Lexus.

"Kami natural aja mas. Siapapun yang membutuhkan layanan, kami pasti akan layani sebaik-baiknya. Baik itu sektor swasta maupun pemerintahan. Buat kami yang terpenting adalah personalized luxury ownership experience," kata Adrian melalui pesan singkat, pada Kamis (20/6).

Ia menilai produknya cocok untuk semua kelas termasuk kepala negara. Selain kenyamanan, mobil Lexus disebut Adrian juga bisa disesuaikan tingkat keamanannya dengan membuat kaca dan bodi anti-peluru maupun granat tangan sesuai mobil-mobil kepala negara pada umumnya.

"Bisa-bisa saja mobil kami (custom)," ungkap dia.

Hanya saja Adrian tidak dapat menyebut Lexus apa yang sekiranya cocok digunakan untuk kepala negara nanti. Menurut dia pemerintah tidak perlu repot-repot mencari kendaraan untuk presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Sebab, sesuai profil Jokowi disebut sebagai pemimpin 'merakyat' yang mana lebih cocok menggunakan Toyota Kijang ketimbang Lexus.

Kijang sendiri memang sangat identik dengan kendaraan yang memenuhi segala lapisan masyarakat. Mobil keluarga itu bisa dikatakan menjadi kendaraan sejuta umat sejak 1977 hingga sekarang.

Adapun jenis Kijang yang sudah melegenda di Tanah Air antaranya Kijang Buaya, Kijang Doyok, Kijang Super, Kijang Kapsul, Kijang Krista, dan yang terbaru Kijang Innova.

"Presiden kita orangnya merakyat, pilihannya mungkin malah Kijang. Cocoknya Kijang," tutup Adrian. (ryh/mik)