Volkswagen Bebas dari Klaim Hak Cipta Desain Beetle

fea, CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 10:32 WIB
Volkswagen Bebas dari Klaim Hak Cipta Desain Beetle Ilustrasi Volkwagen Beetle. (Foto: REUTERS/Akhtar Soomro)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengadilan Jerman memutuskan berpihak pada Volkswagen dalam perkara permintaan kompensasi atas penggunaan desain Erwin Komenda yang merupakan salah satu perancang desain orisinal Beetle. Kompensasi sebelumnya telah dituntut oleh anak perempuan Komenda.

Anak Komenda meminta kompensasi atas peran ayahnya dalam kesuksesan Volkswagen memproduksi Beetle selama lebih dari 70 tahun. Dia menuntut US$5,7 juta (Rp80,5 miliar) dari produksi Beetle sejak 2014.

Dia mengklaim desain baru Beetle tetap menggunakan unsur-unsur desain ayahnya. Desain itu dikatakan sudah dipakai pada tiga generasi Beetle dan menghasilkan penjualan lebih dari 22 juta unit sejak diproduksi massal usai era Perang Dunia II.


Pengadilan di Brunswick, Jerman, memeriksa desain Komenda pada model orisinal Beetle kemudian memutuskan itu mewakili model lain pada periode tertentu.

Pengadilan juga mengatakan penggugat tidak dapat membuktikan ayahnya telah berpartisipasi pada desain model KdF yang merupakan basis desain orisinal Beetle. KdF diproduksi pada 1938 dan dirancang oleh Ferdinand Porsche.

Dalam pernyataan resmi, pengadilan menolak semua klaim hak cipta pada desain Komenda yang berperan pada Beetle. Pengadilan tidak menyebut nama anak Komenda.

Komenda yang berkebangsaan Austria telah bekerja bersama Ferdinand Porsche sejak 1930-an dan untuk perusahaan Porsche setelah Perang Dunia II. Komenda meninggal pada 1966.

Volkswagen sudah memutuskan memberhentikan produksi Beetle setelah unit terakhir diproduksi di pabrik Puebla, Meksiko, pada bulan depan. (fea)