Komputer Dibawah Rp1 Juta Bisa Jalankan Dua Monitor 4K

din, CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 17:15 WIB
Komputer Dibawah Rp1 Juta Bisa Jalankan Dua Monitor 4K Raspberry Pi generasi 4 (Screenshot via www.raspberrypi.org)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raspberry Pi memperkenalkan perangkat komputer mini terbaru yakni Raspberry Pi 4 Model B. Perangkat anyar ini menawarkan memori lebih besar dan prosesor yang lebih bertenaga namun dengan harga lebih murah.

Perubahan lainnya adalah ditambahkannya port micro-HDMI dan menghilangkan port HDMI. Lewat port ini pengguna bisa mencolokkan dua layar 4K pada 60 bingkai per detik (fps) menggunakan satu Raspberry Pi.

Dilansir dari situs resmi Raspberry Foundation, Raspberry Pi 4 Model B datang dengan kapasitas memori hingga 4GB, USB 3.0, dukungan layar 4K layar ganda serta CPU dan GPU yang lebih cepat dan terbaru.
Komputer Dibawah Rp1 Juta Bisa Jalankan Dua Monitor 4KKomponen yang ada di Raspberry Pi (Screenshot via www.raspberrypi.org)

Selain itu, Raspberry Pi pertama kalinya menawarkan sejumlah produk sesuai dengan kapasitas memori dengan harga yang berbeda.


"Untuk pertama kalinya kami menawarkan varian kapasitas memori dengan harga yang berbeda. Dimulai dari memori 1GB seharga US$35, 2GB seharga US$45 dan 4GB seharga US$55," kata Co-Founder Raspberry Pi Eben Upton kepada ZDNet, Senin (24/6).

Jika diubah ke dalam rupiah (US$1 ke rupiah = Rp14.163), kapasitas memori 1GB (US$35) dibanderol dengan harga Rp495 ribu, 2gb (US$45) seharga Rp637 ribu dan 4GB (US$55) seharga Rp778 ribu.

Dilansir Tech Crunch, pada bagian konektivitas terdapat sejumlah perubahan besar yakni perusahaan menyematkan dua port USB 3.0 dan dua port USB 2.0 ditambah port USB-C. Selain itu, pada bagian bluetooth juga mendapatkan pembaruan dari Bluetooth 4.2 ke Bluetooth 5.0.

Selain memberikan opsi lebih banyak pada RAM, Raspberry Pi 4 Model B tetap mempertahankan bentuk dasar yang sama dengan GPIO 40-pin, seperti yang diberitakan ZDNet

Raspberry Pi 4 Model B juga disematkan cip Broadcom BCM2711 dengan prosesor 1.5FGHz quad-core Arm Cortex-A72. (eks)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA