Cek Orisinalitas Baterai Motor dengan Ponsel

fea, CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 01:13 WIB
Cek Orisinalitas Baterai Motor dengan Ponsel GS Gold merupakan baterai jenis free maintenance (fm/aki kering) yang memiliki stiker kode QR. (Foto: CNNIndonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Otoparts mengikuti induk perusahaan, Astra International, yang masuk lebih dalam ke dunia digital dengan meluncurkan produk baru yang punya berbagai kelengkapan kekinian.

Produk baru itu, yakni baterai (aki) GS Gold yang khusus untuk sepeda motor, telah dilengkapi sistem pengecekan orisinalitas berdasarkan kode QR dan memiliki garansi online.

GS Gold merupakan baterai jenis free maintenance (fm/aki kering) yang memiliki stiker kode QR. Astra Otoparts menjelaskan barcode itu berupa kode QR yang cuma punya satu identitas pada setiap produk, jadi tidak disebut tidak mungkin dua produk punya kode QR yang sama.


Kode QR itu merupakan gerbang buat konsumen mengaktifkan garansi. Caranya, konsumen memindai kode QR dengan aplikasi lantas terhubung ke situs resmi perusahaan.

Di dalam website, konsumen bakal mendapatkan konfirmasi apakah baterai yang dimiliki asli atau tidak. Buat mendapatkan garansi online, konsumen diwajibkan mengisi data-data seperti nama, nomor telepon, alamat email, jenis motor, dan lainnya.

Usai seluruh data selesai, maka garansi akan aktif selama dua tahun. GS Gold diklaim sebagai baterai pertama dari Astra Otoparts yang punya garansi dua tahun, sebelumnya produk GS yang lain tidak diberikan garansi.

"Karena kami tahu sebagai pemimpin pasar, banyak sekali GS abal-abal. Konsumen dengan keterbatasannya mungkin tidak bisa mengetahui langsung," kata Yusak Kristian, Direktur Astra Otoparts saat peluncuran, Senin (24/6).

Yusak mengakui data yang dikumpulkan melalui website merupakan penambangan informasi konsumen. Menurut dia, program digitalisasi yang dikembangkan dengan pihak ketiga ini, bakal menguntungkan konsumen.

"Sebelumnya kami tidak punya data end user," ucap Yusak.

GS Gold merupakan produk baterai motor GS kasta tertinggi. Tipe terendah, GTZ5S, yang ditujukan buat skutik 110-125 cc dijual Rp264 ribu.

Sedangkan produk GS lainnya, Premium, dijual mulai Rp80 ribu, Premium Kit MC mulai Rp127 ribu, dan VRLA mulai Rp227 ribu.

Menurut Yusak, GS Gold merupakan pilot project untuk penerapan kode QR dan garansi online, bila riset internal menyatakan sukses maka bisa diterapkan pada produk lainnya.

[Gambas:Video CNN] (fea/mik)