Ada Tarif Khusus untuk Tur Keliling Jakarta Naik GrabBajay

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 01:47 WIB
Ada Tarif Khusus untuk Tur Keliling Jakarta Naik GrabBajay Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab sedang mempertimbangkan untuk memberikan tarif berupa paket wisata untuk layanan GrabBajay. Paket wisata tersebut berupa tur keliling tempat wisata di Jakarta dengan hitungan durasi bukan tarif per kilometer.

President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan saat ini GrabBajay bertarif Rp3 ribu per kilometer.

"Kami mungkin bisa luncurkan paket wisata. Bukan tiga per kilometer saja tapi mungkin paket berkeliling selama sejam. Itu yang kita akan luncurkan sebagai inovasi ke depannya," kata Ridzki dalam acara peluncuran GrabBajay di Jakarta Barat, Senin (24/6).


Ridzki menjelaskan paket tur ini akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta untuk menentukan jalur-jalur yang bisa dilewati oleh GrabBajay.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sigit Wijatmoko menjelaskan memang ada beberapa jalan di Jakarta, khususnya jalur protokol yang tidak bisa dilewati oleh Bajay.

"Mereka beroperasi di jalan jalan lingkungan, tidak melintas di protokol seperti Sudirman dan Thamrin," kata Sigit.

Sigit mengakui kehadiran GrabBajay tentu akan meningkatkan pendapatan para supir Bajay. Pasalnya tak hanya penumpang biasa, justru GrabBajay juga akan mendorong penggunaan bajay sebagai atraksi wisata.

"Selama ini target mereka itu kan pasar dengan simpul transportasi. Ini berarti bajay punya value nilai jual yang lain bagaiamana bajay bisa sebagai transportasi lingkungan," ujar Sigit.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pihaknya juga akan melakukan pelatihan kepada mitra GrabBajay agar bisa berperan sebagai duta wisata Indonesia.

"Jadi dia akan seperti pemandu wisata di sini (daerah kota tua). Dia juga orang yang paling tau soal wisata disekitar kota tua cuma kita pertegas. Misalnya disekitar kota tua kuliner yang enak itu ini," kata Arief.

Soal kendala bahasa asing bagi pengemudi, Ridzki mengatakan pengemudi bisa menggunakan fitur penerjemah bahasa di chat dalam aplikasi Grab.

Fitur penerjemah tersebut secara otomatis akan menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

"Grab sendiri memberikan solusi, ketika melakukan booking dan selama perjalanan dia akan terhubung dengan Grabchat. Jadi Grabchat itu turisnya pakai bahasa apa supirnya pakai bahasa apa itu akan menyambung," ujar Ridzki.

Saat ini layanan GrabBajay telah tersedia di lima titik utama yang tersebar di wilayah Jakarta Pusat, yakni Stasiun Jakarta Kota, ITC Mangga Dua, Stasiun Mangga Besar, Stasiun Sawah Besar, dan Pasar Baru dengan tarif sebesar Rp3 ribu per kilometer. (jnp/eks)