Printer Tinta Isi Ulang Canon Bisa Kirim Data Secara Nirkabel

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 21:05 WIB
Printer Tinta Isi Ulang Canon Bisa Kirim Data Secara Nirkabel Printer Canon seri G (CNN Indonesia/Dini Nur Asih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Canon kembali memperkenalkan printer seri G yang mendukung koneksi jaringan kabel dan nirkabel LAN. Namun, untuk seri G6070 bisa mengirim hasil pemindaian printer langsung ke perangkat pengguna, seperti smartphone dan tablet, secara nirkabel.

Pengguna juga bisa menggunakan layanan Canon PIXMA Cloud Link untuk mengakses dan mencetak langsung dokumen atau foto yang ada di Dropbox atau Google Drive.

"Khusus G6070 bisa mengirim hasil scan langsung ke perangkat smartphone atau tablet melalui aplikasi Canon Print Inkjet atau SELPHY.


Selain PIXMA Ink Efficient G6070, ada dua varian G Series lainnya yaitu PIXMA Ink Efficient GM2070 dan PIXMA Ink Efficient G5070.

Ketiganya mengombinasikan tinta infus untuk mencetak monokrom dan catridge untuk mencetak warna.

Ketiga printer G Series masing-masing dibanderol dengan harga PIXMA Ink Efficient G6070 sebesar Rp5,5 juta, PIXMA Ink Efficient G5070 Rp3,5 juta dan PIXMA Ink Efficient GM2070 Rp2,9 juta.

"Printer GM2070 merupakan printer monokrom pertama yang bisa difungsikan untuk cetak warna, printer ini juga didesain khusus agar dapat dipasang catridge tinta warna," kata Marketing Executive of Canon Consumer System Products Div. PT Datascrip Marcellinus Lirus kepada awak media saat peluncuran Printer G Series di Jakarta, Selasa (25/6).

Printer Tinta Isi Ulang Canon Bisa Kirim Data Secara NirkabelPrinter seri G Canon yang sudah masuk ke generasi ketiga (CNN Indonesia/Dini Nur Asih)
Lebih lanjut kata Marcellinus, ketika tangki catridge dilepas, GM2070 kembali berfungsi sebagai printer monokrom yang dapat mencetak hingga 8.300 halaman dari satu botol isi ulang.

Senior Division Manager Canon Consumer System Product Div PT Datascrip Monica Aryasetiawan mengatakan printer isi ulang atau infusan Canon G Series bukan pertama kali diluncurkan. Pada akhir 2015 lalu, perusahaan juga sempat mengenalkan printer serupa generasi pertama.

"Canon memperkenalkan printer infusan di akhir 2015 dan sampai tahun 2019 ini sudah ada 11 tipe printer infusan. Jadi ada progress yang dilakukan Canon yang awalnya hanya 4 tipe kami tambah ke 4 tipe pengganti kemudian tahun ini diluncurkan lagi 3 tipe varian baru," tulis Monica melalui pesan singkat yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (26/6).

"Tidak menutup kemungkinan akhir tahun ini Canon bisa mengeluarkan tipe printer infusan baru lagi," lanjut dia.

Selain itu pengguna juga dapat menghemat pemakaian kertas dengan memanfaatkan fitur Auto Duplex Printing yang dapat mencetak dokumen dua sisi (depan belakang), tanpa perlu membalik kertas secara manual.

Kali ini, Canon meningkatkan formula pigmen tinta hitam yang memberikan kepadatan optik lebih tinggi sehingga menghasilkan warna teks lebih tajam.

"Canon juga menghadirkan desain terbaru botol tinta isi ulang yang lebih mudah mengalir, tanpa perlu ditekan, sangat membantu pada saat pengisian tangki tinta printer," jelas Marcellinus.

"Botol tinta didesain khusus, saluran dua arah dalam corong botol mengatur tekanan udara secara cerdas sehingga pengisian tinta di printer berhenti secara otomatis setelah mencapai kapasitas tinta maksimum," lanjut dia. (din/eks)