GIIAS 2019

Merek Mobil dan Motor yang Gagal Melantai di GIIAS 2019

ray, CNN Indonesia | Kamis, 04/07/2019 10:24 WIB
Merek Mobil dan Motor yang Gagal Melantai di GIIAS 2019 Suasan GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Banten. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah merek otomotif dipastikan tidak hadir meramaikan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019. Deretan merek tersebut adalah Kia, Chevrolet, BMW Motorrad, Yamaha, Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), dan Fin Komodo.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyampaikan ada sejumlah masalah menerpa perusahaan-perusahaan otomotif sehingga tak bisa hadir di pameran otomotif berlangsung di ICE, BSD, Tangerang.

"Ya namanya kalah menang dalam bersaing itu normal. Mungkin kalau volume kecil, atau kenapa atau ada permasalahan ya mereka akan mengatur strategi baru," kata Nangoi ketika ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (2/7).


Menilik data Gaikindo 2019, wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer Chevrolet hanya berjumlah 802 unit hingga Mei. Sedangkan data ritel atau penjualan ke konsumen mengapai 920 unit pada periode yang sama.

Angka tersebut menciut ketimbang periode yang sama tahun lalu, yaitu 1.120 unit untuk wholesales, sementara ritelnya 1.121 unit.

"Ya mungkin mereka akan menyiapkan senjata dan baru tahun depan lagi ikut bisa jadi. Kita ga pernah tau strategi. Cuma mereka bilang strategi marketing kami tahun ini tidak ikut dulu deh," ungkapnya.

Menurut Nangoi hal yang sama juga terjadi pada Kia. Kia memang terpantau tak lagi menjadi peserta GIIAS sejak 2017. Merek asal Korea Selatan ini tidak menjadi peserta lantaran sedang memperbaiki bisnisnya di Indonesia.

Seperti diketahui bisnis otomotif Kia kini diambil alih oleh Kreasi Indo Artha, yang merupakan perusahaan patungan Indomobil Sukses Internasional bersama Sarimitra Kusuma Ekajaya.

"Tapi tahulah mereka (Kia) kan sedang turbolensi makanya butuh strategi baru," ucap Nangoi.

Data terakhir tercatat 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling menjadi peserta.

Selain itu 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, yaKni DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Sedangkan untuk merek sepeda motor yaitu Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

"Kenapa waktu itu AMMdes di launching di GIIAS, karena memanfaatkan animo serta pengunjung GIIAS untuk keangkat agar diketahui masyarakat. Kalau seperti apanya bisa ditanya langsung ke pemerintah ke Kemenperin," tutup Nangoi. (ryh/mik)