GIIAS 2019

Toyota Supra Diluncurkan di GIIAS, Berikut Kisaran Harganya

ray, CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 16:12 WIB
Toyota Supra Diluncurkan di GIIAS, Berikut Kisaran Harganya Toyota Supra. (Foto: REUTERS/Brendan McDermid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Supra dipastikan sudah bisa dipesan di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang mulai 18-28 Juli 2019. Kepastian ini mengubur kabar sebelumnya yang menyebutkan Supra 'sulit' dijual di Indonesia.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy mengatakan pihaknya akan menampilkan coupe sport tersebut di stan Toyota. Artinya konsumen bisa menyentuh mobil sebelum melakukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

"Jadi bisa sekalian order dan SPK (surat pemesanan kendaraan)," kata Anton di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/7).


Anton tidak ingin terburu-buru membeberkan spesifikasi mobil berjenis sport tersebut untuk konsumennya di dalam negeri, termasuk soal harga dan masa indennya.

"Sabar, semua detail, harga dan target akan kami sampaikan nanti," ucapnya.

Generasi kelima Supra menggunakan platform yang sama dengan BMW Z4 generasi terbaru. Supra menggendong mesin enam silinder 3.000 cc plus turbo, atau sama dengan yang digunakan Z4. Untuk Supra mesin 2.000 cc kabarnya cuma dijual untuk pasar Jepang.

Saat masuk Indonesia, harga mobil legendaris ini ditaksir sekitar Rp1,5 miliar untuk mesin 3.000 cc atau lebih dua kali dari harga 86 saat ini yakni Rp728 juta.

Pameran Mobil Listrik Toyota

Supra bukan satu-satunya 'kejutan' di stan Toyota. Merek asal Jepang itu juga akan memamerkan beberapa teknologi kendaraan listrik selama GIIAS tahun ini.

Produk pertama yaitu TS050 hybrid yang merupakan sebuah kendaraan balap Toyota di ajang FIA World Endurance Championship (WEC), namun dalam bentuk replika.

Direktur TAM Kazunori Minamide menyampaikan TAM juga akan memboyong Prius PHEV (plug in hybrid electric vehicle) GR Sport.

Menurut Minamide penyematan GR pada nama Prius menandakan bahwa mobil itu telah 'dikoprek' oleh divisi balap Toyota, yakni Gazoo Racing.

Toyota juga membawa kendaraan konsep yang menggunakan teknologi Fuel Cell (FCEV) atau berbahan bakar hidrogen yaitu Fine Comfort Ride (F-CR) yang konsepnya pertama kali diperkenalkan pada 2017.

Menurut Minamide bahwa mobil itu mempunyai teknologi kendaraan autonomous yang mampu melahap jarak 700 km dengan waktu pengisian bahan bakar antara tiga hingga lima menit.

"Kami harap masyarakat akan semakin mengenal teknologi elektrifikasi yang ternyata tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga fun to drive, sporty, powerful dan kompetitif bahkan di arena balap," ujar Minamide.

Enam Zona Terpisah

Selama GIIAS 2019, merek Jepang ini juga akan memamerkan produk-produknya dengan membuat klasifikasi berdasarkan zona.

Zona pertama diisi Avanza, Veloz, Kijang Innova, Hiace, dan Calya. Zona kedua Rush TRD, Fortuner TRD, dan Yaris TRD. Sedangkan zona ketiga Alphard hybrid, Camry hybrid, Vellfire, dan Voxy.

Zona keempat CHR hybrid, TS050, Prius PHEV GR, dan hybrid X-ray. Zona kelima CHR dan Supra. Kemudian zona terakhir Supra, Toyota 86, dan CHR. Toyota juga masih memiliki kejutan lewat dua produk baru yang akan diumumkan saat pameran GIIAS berlangsung. (ryh/mik)